Papua Barat, Daerah dengan Pembangunan Tercepat di Indonesia
Beritapapua.id - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua Barat dan Indonesia, 2013 - 2019 - BPS

Papua Barat, Daerah dengan Pembangunan Tercepat di Indonesia – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi indikator untuk mengklasifikasikan sebuah wilayah tergolong maju atau terbelakang. Dengan kata lain, IPM menentukan peringkat pembangunan suatu wilayah. Berbicara soal IPM, apakabar Provinsi Papua Barat?

Provinsi di Timur Indonesia ini menjadi salah satu provinsi yang memiliki kemajuan yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, Papua Barat menjadi salah satu daerah dengan pertumbuhan ekonomi meski dalam kondisi pandemi.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), IPM sejumlah wilayah di Papua Barat mengalami peningkatan. Ini tandanya, tak hanya pertumbuhan ekonomi, Papua Barat juga memiliki peningkatan kualitas hidup yang cukup baik. BPS menyebut status pembangunan manusia Papua Barat masuk dalam kategori sedang.

Pada tahun 2019, IPM Papua Barat mengalami peningkatan sebesar 1.51 persen dari tahun sebelumnya. Jika melihat data dari tahun 2013 hingga 20919, IPM Papua Barat terus mengalami peningkatan. Bahkan, BPS menyebut dalam laporannya bahwa Papua Barat berada pada peringkat 1 pertumbuhan tercepat se-Indonesia.

Dari bagan tersebut terlihat beberapa kali Papua Barat memiliki pertumbuhan melebihi Indonesia. Periode tersebut adalah 3 tahun terakhir, yakni 2017 hingga 2019. Perhitungan ini memperhatikan tiga aspek, yakni harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak. Data tersebut sekaligus menjelaskan bahwa ketiga aspek tersebut, harapan hidup, pendidikan dan hidup layak mengalami peningkatan.

Dalam bidang harapan hidup, peluang hidup masyarakat Papua Barat menurut BPS adalah 65 tahun. Sedangkan sektor pendidikan, terdapat peningkatan kualitas. Anak-anak usia 7 tahun dapat bersekolah 12 tahun dan umur 25 tahun mampu menempuh pendidikan hingga 7 tahun. Itu artinya, anak-anak Papua Barat semakin banyak yang memiliki peluang untuk bersekolah hingga jenjang SMA atau D1.

Untuk kelayakan hidup, BPS mengukur dengan pengeluaran per kapita masyarakat. Dari data, pengeluaran per kapita masyarakat Papua Barat pada tahun 2019 mencapai 8,12 juta rupiah.

Baca Juga: Suami dari Artis Chacha Frederica Unggul di Pilkada Kendal

Wilayah-wilayah Papua Barat dengan IPM Tertinggi

Papua Barat, Daerah dengan Pembangunan Tercepat di Indonesia
Beritapapua.id – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Menurut Kabupaten Kota, 2018 – 2019 – BPS

Mengintip wilayah yang merajai pertumbuhan tercepat se-Indonesia, Provinsi Papua Barat punya daerah yang menjadi andalan. Menurut data BPS, terdapat 3 kabupaten dengan peningkatan IPM tertinggi dari tahun 2018 ke 2019.

Ketiga kabupaten tersebut adalah; Kabupaten Maybrat dengan 1.70 persen, Kabupaten Teluk Wondama dengan 1.63 persen, dan Tambrauw dengan 1.83 persen. Dari sejumlah wilayah yang mengalami kenaikan, ketiga wilayah tersebut bukan termasuk 3 kabupaten dengan IPM terbesar di Papua Barat.

Mengacu pada tabel IPM berdasarkan Kabupaten Kota, 2018 – 2019, terdapat tiga wilayah dengan IPM terbesar. Tiga wilayah tersebut adalah Kota Sorong dengan capaian 77.98 persen, Manokwari sebesar 71.67 persen, dan Fak-Fak dengan 67.87 persen.
Kendati demikian, daerah yang merajai IPM Papua Barat itu pula mengalami penurunan kualitas. BPS menyebut, beberapa kabupaten mengalami penurunan IPM. Wilayah tersebut antara lain Kota Sorong, Raja Ampat dan Manokwari.

Dua dari wilayah dengan IPM terbaik mengalami penurunan IPM pada periode 2018-2019. Sedangkan Raja Ampat merupakan wilayah yang mengalami penurunan IPM terbesar yakni 1.30 persen.

Meski menjadi provinsi dengan pertumbuhan tercepat, Papua Barat belum masuk dalam 10 besar provinsi dengan IPM terbaik se-Indonesia.