Pasar Modern Rufei Kota Sorong Akan Segera Diresmikan
Beritapapua.id - Pasar Modern Rufei Kota Sorong Akan Segera Diresmikan - Kumparan

Pasar Modern Rufei Kota Sorong Akan Segera Diresmikan – Pasar Modern Rufei, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat yang proses pembangunannya telah berlangsung selama 5 tahun kini akan segera diresmikan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Esau Isir yang mengonfirmasi bahwa proses pembangun fisik pasar tersebut sudah rampung 95 persen dan akan tinggal diresmikan tahun ini.

“Saat ini masih dilakukan koordinasi antara seluruh pimpinan OPD dan kepala daerah untuk penetapan waktu tanggal dan bulan peresmian. Apabila tidak berhalangan dipastikan dalam waktu dekat di tahun ini.” Jelas Esau melansir dari Kumparan.

Esau juga menjelaskan bahwa seharusnya pasar terbesar di Papua barat tersebut diresmikan pada bulan Oktober lalu. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, maka peresmiannya tertunda.

“Tapi kemungkingkinan akan diresmikan dalam tahun ini. Tinggal kita menunggu hasil koordinasi saja,” lanjut Esau.

Baca Juga: Pratu Firdaus Gugur Dalam Kontak Senjata Melawan KKB

Kondisi Pembangunan Pasar Modern Rufei Kota Sorong

Pasar Modern Rufei Kota Sorong Akan Segera Diresmikan
Beritapapua.id – Pasar Modern Rufei Kota Sorong Akan Segera Diresmikan – Kabar Papua

Pasar modern tersebut dibangun dengan menggunakan APBD Kota Sorong. Dalam pasar terdapat 198 lapak dalam bentuk dua lantai, dan terdapat satu pasar Mama-mama Papua.

“Semua lapak yang ada sudah finishing 95 persen, tinggal pembenahan ringan saja,” Ujar Esau.

Proses pembangunan pasar Modern tersebut memakan waktu sekitar 7 tahun lamanya dengan sistem pembangunan multi years atau per tahap sesuai kemampuan APBD Kota Sorong setiap tahunnya. Maka dari itu, target pembangunanya tidak menentu karena dilakukan per tahap sesuai kemampuan APBD Kota Sorong.

Terkait sistem pengelolaan Pasar, nantinya Dinas PU bersama dengan beberapa pimpinan OPD telah melakukan studi banding ke Jakarta, dan hasilnya telah dilaporkan ke Kepala daerah untuk diterapkan di pasar Moderen Rufei.

“Hasil Studi banding akan dikoordinasikan bersama semua pimpinan OPD, dan dikembalikan ke kepala daerah untuk mempercayakan OPD mana yang akan mengelola, termasuk sistem retribusi di dalam pasar tersebut,” jelasnya.

Sementara itu terkait pengamaman, di Pasar Modern juga telah dibangun Pos kepolisian. Yang mana akan dijaga oleh pihak kepolisian dan juga pengamanan oleh pihak sipil dalam hal ini Security. Adapun Pos Polisinya sudah dibangun, dan terdapat pula pos Satpam di pintu masuk dan keluar.