Pasca Banjir, Relawan RHP Menggelar Kerja Bakti
beritapapua.id - Tim Lintas Relawan RHP for Gubernur Papua 2024, menggelar kerja bakti. (Foto: Papuainside)

Lintas Relawan RHP for Papua 2024, bakal menggelar kerja bakti membersihkan lingkungan dan rumah warga di sekeliling Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat (21/1/2022) mulai pukul 08.00 WIT hingga selesai.

Nantinya akan ada delapan komunitas yang juga ikut terlibat dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

Ketua Lintas Relawan RHP for Papua 2024 Calvin Penggu mengatakan, pasca musibah banjir yang melanda Kota Jayapura pada Kamis (6/1/2022) dan Jumat (7/1/2022), mengakibatkan rumah warga, baik warga nusantara maupun warga Orang Asli Papua (OAP), yang berada di lokasi banjir ikut tergenang air bah.

Untuk itu kerja bakti tersebut guna untuk membersihkan lingkungan dan rumah warga yang terdampak akibat banjir pada beberapa pekan lalu.

“Warga yang terdampak musibah banjir adalah bagian dari kami. Kami punya kepedulian, rasa kemanusiaan dan tanggungjawab membantu warga. Kami tak bisa memberikan lebih dari itu, tapi kami punya tenaga siap untuk membersihkan lingkungan dan rumah warga yang ada disana,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut telah mendapatkan dukungan dari RT dan RW setempat. Dan warga sekitar nantinya juga akan ikut membantu membersihkan lingkungan yang ada di sekeliling Pasar Youtefa.

Mendapat Bantuan Dari Beberapa Simpatisan

Calvin mengatakan Lintas Relawan RHP for Papua 2024, bersama delapan komunitas juga mendapatkan bantuan dari beberapa simpatisan. Dan jumlah dari mereka saat ini kian bertambah dalam melaksanakan kegiatan kerja bakti tersebut.

“Kami sampaikan terima kasih kepada teman- teman, simpatisan dan pendukung RHP yang punya hati kuat untuk mendukung beliau,” terangnya.

Baca Juga: Kontak Senjata Kembali Terjadi di Maybrat, Satu Prajurit Gugur

Calvin menuturkan Lintas Relawan RHP for Papua 2024, bersama delapan komunitas, beberapa waktu lalu menggelar kerja bakti membersihkan lingkungan dan rumah warga di RT 3/RW 4 Perumahan Organda.

“Warga sampaikan terima kasih, karena kami telah bantu bersihkan lingkungan dan rumah warga,” tukasnya.

“Untuk kerja-kerja begini bukan hanya terjadi bencana saja, tapi kedepan mungkin kita akan programkan setiap satu bulan kita mungkin turun dua atau tiga kali membantu warga,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa ada beberapa tim lainya yang turun ke lokasi banjir membawa bahan makanan dan pakaian. Dan timnya yang ikut serta ingin membantu dengan cara membersihkan lingkungan dan rumah warga yang setempat.

“Alasannya, pasca musibah banjir tentu lingkungan dan rumah warga dipenuhi lumpur, sampah dan lain-lain,” pungkasnya.