Pasien Covid-19 di Wilayah Jayapura Hanya Tersisa Satu Orang
beritapapua.id - Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (kanan). (foto: Jubi)

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan warga yang sedang menjalani perawatan akibat paparan virus Covid-19 di wilayah ibukota Provinsi Papua itu tersisa satu orang. Satu pasien tersisa tersebut hingga kini masih dalam pantauan petugas medis.

Dengan tersisa satu kasus pasien di wilayah itu pun tidak membuat ia merasa puas, karenanya ia tetap meminta semua warga tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Tersisa satu orang, yaitu di Kelurahan Awiyo, Distrik Abepura. Mari kita terus menjalankan protokol kesehatan secara ketat karena Covid-19 ini masih ada di sekitar kita,” ujar Tomi Mano di Grand Abe Hotel Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (13/12/2021).

Tomi Mano mengungkapkan alasan tingginya angka kesembuhan di wilayah itu karena semua pihak memiliki komitmen bersama dalam memutus penyebaran virus Covid-19.

“Itu semua berkat kerja keras kita bersama dan tingkat disiplin masyarakat yang sangat tinggi. Jangan sampai kita lengah. Tetap patuhi prokes karena kita tidak tahu kapan wabah Covid-29 ini akan benar-benar berakhir. Kita bersyukur masih diberikan nafas kehidupan untuk melaksanakan tugas kita sehari-hari,” ujar Tomi Mano.

Sukseskan Program Vaksinasi

Selain itu, Tomi Mano, mengajak warga untuk mendukung dan menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah. Dengan mengikuti vaksinasi ia percara akan membentuk kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

“Vaksin dosis pertama sudah 74,8 persen, dosis kedua sudah 54 persen. Targat kami 231 ribu dan yang sudah tercapai [divaksinasi] ada 137 ribu. Kami terus melakukan vaksinasi. Target saya, bisa mengakhiri 2021 hingga 80 persen bahkan 100 vaksinasi,” ujar Tomi Mano.

Baca Juga: KKB Kembali Berulah, SMP Negeri di Pengunungan Bintang Dibakar

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan empat distrik di ibukota Provinsi Papua itu sudah berada di zona hijau Covid-19. Beberapa dari lokasi tersebut adalah Distrik Muara Tami, Distrik Heram, Distrik Jayapura Utara, dan Distrik Jayapura Selatan.

Antari juga menjelaskan dari 25 kelurahan, tersisa satu kelurahan yang berada di zona kuning Covid-19, yaitu Kelurahan Awiyo. Sementara yang lainnya berada di zona hijau. Sebanyak 14 kampung berada di zona hijau.

“Kumulatif positif Covid-19 di Kota Jayapura sebanyak 12.978 orang, sembuh 12.707 orang, meninggal ada 270 orang. Tetap patuhi protokol kesehatan agar kita mempercepat dalam memutus penyebarannya,” ujar Antari.

Antari menambahkan pencegahan Covid-19 itu, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau sedia hand sanitizer, rajin berolahraga, menjauhi kerumunan, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.