Paskibraka 2020 Diresmikan Oleh Presiden Jokowi Resmi Kukuhkan
beritapapua.id - Paskibraka 2020 Diresmikan Oleh Presiden Jokowi Resmi Kukuhkan - kominfo

Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengukuhkan kedelapan orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020 yang nantinya akan mengambil bagian dalam Upaca pada HUT RI ke-75 RI di Istana Merdeka, 17 Agustus 2020. Pengukuhan Paskibraka ini berlangsung secara daring, bersamaan dengan pengukuhan Paskibraka tingkat provinsi dari 34 provinsi dari Istana Negara, Kamis (13/08/2020) pukul 13.00 WIB.

Adapun kedelapan anggota Paskibraka terdiri dari siswa dan siswi terbaik dari delapan provinsi di Indonesia. Mereka adalah Dhea Lukita Andriana, Paskibraka dari Jawa Timur. I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata Paskibraka dari Bali. Muhammad Adzan, Paskibraka dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Asri Maulana, Paskibraka dari Kalimantan Selatan. Muhammad Arief Wijaya, Paskibraka dari Sulawesi Tenggara. Indrian Puspita Rahmadhani, Paskibraka dari Aceh, Sylvia Kartika Putri, Paskibraka dari Sumatera Utara. Dan Sudrajat Prawijaya, Paskibraka dari Bengkulu.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa nantinya upacara peringatan HUT ke-75 RI akan digelar secara terbatas. Ia mengimbau semua masyarakat untuk mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB saat peringatan HUT ke-75 RI pada 17 Agustus 2020. Heru menambahkan, untuk pemberitahuan sikap sempurna, bisa memanfaatkan manfaatkan sirine mobil pemadam kebakaran, mobil dinas perhubungan, dinas kebersihan, mobil patroli TNI atau Polri. Dimana masyarakat diimbau agar bersiap-siap saat prosesi pembacaan teks proklamasi HUT RI.

Baca Juga: Luhut Binsar: Tidak Akan Ada Gelombang Kedua Corona di RI

Merupakan Anggota dari Paskibraka 2019

Kedelapan orang anggota Paskibraka 2020 yang diresmikan tersebut merupakan bagian dari anggota Paskibraka 2019. Guna menghindari adanya kegiatan yang membutuhkan kontak fisik ketika proses seleksi. Sebab pada tahun 2020 ini, pemerinta tidak mengadakan seleksi Paskibraka untuk semua tingkatan. Baik tingkat kota, kabupaten, provinsi, bahkan nasional lantaran pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Pengukuhan dilakukan dengan penerapak protokol kesehatan yang ketat dimana seluruh peserta yang hadir di Istana Negara harus menjaga jarak, mengenakan masker dan face shield. Selain itu juga tidak ada proses salaman antara Presiden Jokowi dengan delapan Paskibraka 2020.

Nantinya kedelapan anggota Paskibraka ini, bersama dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangkaian Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Dengan prosedur sebanyak tiga anggota untuk upacara kenaikan bendera dan tiga anggota untuk upacara penurunan bendera. Dan sebanyak dua anggota untuk cadangan.