Paulus Waterpauw Ajak Masyarakat Untuk Vaksin Secara Lengkap
beritapapua.id - Pejabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Pur) Drs Paulus Waterpau, M.Si saat vaksinasi dosis ke-3. (Foto: Tim Media PJGPB)

Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si mengajak masyarakat Provinsi Papua Barat untuk segera mengikuti vaksinasi yang ada di wilayah itu. Dengan begitu masyarakat akan tercegah dari penularan Covid-19, karena hingga kini pandemi Covid-19 belum usai.

Menurutnya dengan masyarakat mau mengikuti vaksinasi secara lengkap baik Vaksin I, II dan Vaksin III (booster) akan meningkatkan imun pada masyarakat.

Ia juga mengimbau meski masyarakat telah mendapatkan vaksinasi secara lengkap harus tetap melakukan penerapan kesehatan yang ketat. Untuk itu ia meminta masyarakat agar tetap menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan.

Ajakan Penjabat Gubernur Papua Barat ini menindaklanjuti kebijakan Presiden RI terkait vaksinasi di daerah.

“Sakit kepala, sakit perut berkepanjangan itu gejala-gejala covid-19 varian baru, covid-19 sebelumnya panas tinggi, menggigil, dan beberapa gejala lain, sekarang tak lagi demikian tetapi sakitnya lebih melalui sisi tubuh yang lain,” kata Pj Waterpauw saat menyampaikan sambutannya usai Ibadah Raya bersama Jemaat Eklesia Aipiri Manokwari, Minggu (26/6/2022).

Pencegahan Dari Luar dan Dalam Tubuh

Untuk itu kata Pj Waterpauw bahwa masyarakat harus melakukan pencegahan dari luar dan dalam tubuh.

“Pencegahan dari luar seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, jauhi kerumunan, itu sisi pencegahan dari luar. Tetapi yang paling penting adalah pencegahan dari dalam yaitu vaksinasi, sehingga bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi harus vaksin,” ujar Paulus Waterpauw.

Baca Juga: KKB Kembali Melakukan Aksi, Seorang Warga Sipil Jadi Korban Penembakan

Ia juga menjelaskan bahwa tenaga kesehatan akan turun secara langsung dalam melayani pemberian vaksinasi, termasuk kepada anak-anak.

“Kedepan Medis akan turun ke sini (Aipiri) untuk melayani langsung, termasuk anak-anak. Ini penting karena untuk pencegahan dari dalam,” tandasnya.

Waterpauw menuturkan, Vaksinasi sangat membantu menjaga imun tubuh agar tetap kuat ketika terinfeksi covid-19.

Meski ia mengakui masyarakat yang tinggal di Kampung memiliki imun tubuh yang kuat dibanding masyarakat yang tinggal di wilayah kota. Tetapi melakukan Vaksinasi itu penting
Diharapkan nanti ketika tim kesehatan turun melakukan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat di Aipiri, masyarakat harus mengambil bagian terutama bagi yang belum vaksin.