Paulus Waterpauw Melepas 322 Jemaah Calon Haji Kloter 17 di Embarkasi Makassar
beritapapua.id - Pj Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Pur) Drs Paulus Waterpauw, M.Si saat memberikan sambutan kepada jemaah calon haji kolter 17 asal Papua Barat. (Dok. Pemrov Papua Barat)

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si melepas 322 jemaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) 17 asal Papua Barat di Embarkasi Makassar, untuk diberangkatkan ke Arab Saudi.

Pj Gubernur Papua Barat juga berkesempatan memberikan sambutannya di hadapan ratusan calon jemaah haji. Dalam sambutannya Paulus Waterpauw menitipkan doa bagi 322 JCH untuk mendoakan agar Indonesia aman dan damai.

“Saya datang secara khusus untuk melepas JCH asal Papua Barat. Doakan, kita semua dalam keadaan aman dan damai. Negara lain sudah ada yang mengalami krisis akibat pandemi Alhamdullilah, Indonesia masih aman dan damai,” kata Waterpauw di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (29/6/2022) malam.

Pj Gubernur mengingatkan kepada Jemaah Calon Haji agar fokus beribadah untuk menyempurnakan Rukun Islam Kelima.

“Kami doakan juga kepada seluruh JCH asal Papua Barat bisa kembali ke Tanah Air dan meraih haji mabrur. Menjalankan ibadah dengan baik dan kembali dalam keadaan sehat serta selamat,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Papua Barat, Luksen Jems Mayor mengatakan tahun ini, Papua Barat mendapatkan kuota 330 orang untuk diberangkatkan ke Tanah Suci, Arab Saudi.

Terjadi Pengurangan Jumlah Kuota

Ia juga menyebut bahwa jumlah tersebut juga mengalami penuruan sebanyak 50 persen dari yang seharusnya. Karena jumlah kuota JCH Papua Barat sebelumnya berjumlah 725 jemaah.

“Sebelumnya, kuota JCH Papua Barat 725 jemaah. Namun yang terisi tahun ini hanya 330 jemaah, setengah dari kuota itu. Memang terjadi pengurangan,” kata Mayor

Baca Juga: Pemkab Teluk Wondama Ingin Segera Menata Ulang Pasar Sentral Iriati

Dirinya mengaku antusias masyarakat Papua Barat untuk melaksanakan ibadah haji cukup tinggi. Daftar tunggu keberangkatan untuk Papua Barat mencapai 20 tahun. Sedangkan daftar tunggu JCH asal Papua Barat hingga saat ini sebanyak 11 ribu orang.

Ia juga berharap bahwa JCH asal Papua Barat dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar.

“Kami berharap JCH asal Papua Barat bisa melaksanakan pesan yang disampaikan Pak Gubernur untuk menjaga nama baik negara dan daerah. Jagalah selalu kekompakan dan nama baik negara termasuk kesehatan diri sendiri,” pungkasnya.