Paulus Waterpauw Tinjau Sejumlah Lokasi Terdampak Banjir dan Longsor
beritapapua.id - Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw Mengunjungi Warga yang Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Kota Sorong, Kamis (26/8/2022).

Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. M. Si, meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir dan longsor di Kota Sorong Kamis (24/08/2022).

Kedatangan Gubernur Paulus Waterpauw bersama dan Penjabat Walikota Sorong George Yarangga,A.Pi.,MM, mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Terlihat juga hadir Kepala Dinas PUPR Yohanis Momot, dan sejumlah pimpinan OPD.

Dalam kunjungan ke Kelurahan Kladuf, Kampung Imeko, Gubernur Waterpauw memberikan bantuan sembako serta menyerap aspirasi warga.

“Bencana kita semua punya tanggung jawab, sebagai pemerintah saya langsung memerintahkan sekda, Kepala BPD, kita prihatin atas bencana ini, kedepan kita jaga, jangan buang sampah sembarangan, sekarang kita bantu bahan pokok, untuk rumah akan di data dulu, aktifitas tetap jalan seperi biasa,” ujar Gubenur.

Paulus Waterpauw meminta warga agar berhati-hati terhadap berita di media sosial yang akan menganggu pikiran masyarakat. Selain itu, ia menyampaikan jika ada informasi agar dapat ditanyakan ke pemerintah setempat.

“Prinsip kami cepat, bencana masyarkat adalah bencana kita juga, jangan masyarakat pikir pemerintah diam. Saya dapat info pagi sore saya langsung ke sorong, dan melihat korban jiwa untuk dipulangkan ke daerah asal,” tandas Gubernur.

Jarang Mendapatkan Kunjungan Dari Penjabar Pemerintah

Sementara itu, Natadius Ruampa tokoh warga RT 04/06 Jalan Manineka, kelurahan Kalawalu, distrik Sorang Timur, mengaku selama ini jika terjadi bencana mereka jarang mendapatkan kunjungan dari pejabat dari pemerintah.

“Baru dua hari bapak sudah tiba, selama ini belum ada, walikota, anggota dewan, gubernur yang lama tidak ada yang datang, kami sangat antusias menyambut bapak, itu namanya pemimpin yang melihat masyarakat, kami siap mendukung program kerja bapak selama bapak bertugas,” ungkap dia.

Baca Juga: Penjabat Bupati Mappi Sidak Sejumlah Sekolah di Kota Keppi

“Kami sudah sudah hadir, kami tidak hanya turun tapi juga dengan program, kepada pengurus RT/RW agar menyiapkan data, agar semua bisa terdata dengan baik, jangan sampai ada yang tidak dapat waspada hoax, jangan buang sampah sembarangan,” terang Waterpauw merespon aspirasi warga.

Sementara itu, ketua RT O3/01, Kelurahan Klasbi, Kecamatan Sorong Manoi, Mubi Yanto mengaku bantuan tersebut merupakan yang pertama sejak warga mengalami bencana.

“Kami tidak menyangka bisa ketemu bapak walikota dan gubernur, saya sangat terharu, selama ada bencana kami belum mendapatkan bantuan, baik dari pemerintah maupun swasta, ada dapur umum tapi itu swadaya masyarakat, kami tidak mimpi hari ini ketemu bapak Gubernur dan Walikota,” ujar ketua RT Mubi Yanto.

Kepada warga Gubernur Waterpauw berpesan agar dapat memperhatikan perkembangan cuaca agar ada langkah antisipasi jika terjadi bencana. Ia juga minta warga agar tidak membungan sampah sembarangan.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Pemerintah akan berupaya, untuk melakukan normalisasi kali agar kedepannya tidak terjadi lagi banjir.