PB PON Pastikan Siap Menggelar Pertandingan Pertama PON XX Papua
beritapapua.id - gladir resik peresmian venue PON XX. (foto : indosport)

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON Papua memastikan telah siap untuk menggelar pertandingan pertama PON XX. Pertandingan tersebut akan terlaksana di venue Universitas Cenderawasih (Uncen), Waena, Kota Jayapura.

Pertandingan pertama yang akan berlangsung di Waena, Kota Jayapura tersebut adalah cabang olahraga softball di Waena, Kota Jayapura. Cabang olahraga softball itu sekaligus menjadi pertandingan pembuka di PON XX yang mulai pada 22 September.

Ketua Bidang I PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi, mengatakan pihaknya sudah mematangkan persiapan pertandingan pembuka cabang olahraga softball.

Bahkan, menurutnya cabor softball juga sudah melakukan tes event untuk mengecek kesiapan venue, peralatan, dan panitia pelaksana.

“Pertandingan pertama, softball dan baseball sudah ready. Mereka sudah melakukan tes event, sudah siap. Kita double check di tes event, double check terhadap logistik, SDM panpel, pendukung panpel, terus kemudian di logistiknya adalah peralatan dan perlengkapan pendukung, apakah sudah confirm,” kata Yambe Yabdi kepada wartawan, Selasa (14/9/21).

Tidak Ada Masalah Menuju Pertandingan Pertama PON XX

Ia menuturkan jika persiapan menuju pertandingan pertama PON XX sudah sangat baik dan tidak ada masalah. Dan semua pertandingan akan tetap terlaksana di tiap-tiap klaster yang ada.

“Jadi kita pada prinsipnya tanggal 22 September tetap gelar pertandingan. Tidak ada masalah dengan semua pertandingan, baik yang ada di Kota Jayapura 22 pertandingan, di Kabupaten Jayapura 21 pertandingan, Kabupaten Mimika 12 pertandingan, dan Kabupaten Merauke 6 pertandingan,” jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Papua Minta Semua Kepala Daerah Tingkatkan Keamanan

Yambe Yabdi menambahkan untuk persiapan arena atau venue secara keseluruhan sudah tidak ada kendala berarti.

“Persiapan arena sudah tidak ada masalah, arena semua sudah 100 persen, tinggal rugby yang masih pembenahan, akan selesai dalam waktu dekat karena tinggal (pemasangan) karpet rumput saja. Rubgy mungkin sisa 20 persen,” pungkasnya.

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda, mengatakan pihaknya tak mau hanya menunggu dan berharap pencairan dana Rp1,4 triliun untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX.

Oleh karena itu pihaknya akan tetap melaksanakan PON XX sesuai dengan agenda yang ada. Meskipun ia menegaskan bahwa dana tersebut nantinya untuk digunakan di operasional bidang vital.