PB PON Siapkan 18 RS Rujukan Selama Penyelenggaraan PON XX
beritapapua.id - Foto udara suasana kompleks venue voli indoor untuk perhelatan PON XX Papua di Koya Koso, Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Senin, 23 Agustus 2021. (foto: antara)

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua telah menunjuk 18 rumah sakit rujukan Covid-19 untuk dipersiapkan pada gelaran PON XX 2-15 Oktober mendatang.

18 rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19 pada gelaran PON XX ini akan tersebar di empat daerah penyelenggara PON XX.

Di Kota Jayapura akan terdapat delapan rumah sakit, yaitu RSUD Jayapura, RSUD Abepura, RSJ Abepura, RS Marthen Indey, RS Provita, RS Bhayangkara, RS Dian Harapan dan RS Angkatan Laut.

Untuk di Kabupaten Jayapura akan berada di Tiga rumah sakit yaitu RSUD Yowari, RS Silas Papare dan RS Kwainggara Keerom. Sedangkan di Kabupaten Mimika ada RSUD Mimika, RSU Mitra Masyarakat, RS Freeport dan RS Herlina Kasih.

Tiga rumah sakit lainnya akan berada di Kabupaten Merauke yaitu RSUD Merauke, RS TNI Angkatan Laut dan RS Bunda Pengharapan.

Selain rumah sakit rujukan di Papua, PB PON juga telah menjalin kerja sama dengan RS rujukan nasional. Dan rumah sakit rujukan nasional tersebut adalah RSUP Ciptomangun Kusumo di Jakarta, RSUP Wahidin Sudirohusoda di Makassar, RSUP dr. Seotomo di Surabaya dan RSUP Sanglah di Bali.

PB PON XX Siapkan 420 Tenaga Medis

Tidak hanya rumah sakit rujukan, PB PON juga akan menyiapkan 420 tenaga medis selama penyelenggaraan PON XX Papua.

Dalam pelaksanaannya tenaga medis tersebut akan terbagi dan tersebar di empat penyelenggara PON XX.

Baca Juga: Jelang PON XX, Subda PON Merauke Terus Genjarkan Vaksinasi

Untuk di Kota dan Kabupaten Jayapura masing-masing akan ada 115 tenaga medis yang akan bertugas di wilayah tersebut. Sedangkan di Kabupaten Merauke akan ada 100 tenaga medis yang bertugas. Dan untuk wilayah Kabupaten Mimika akan ada 90 tenaga medis yang akan bertugas.

Selain itu, tenaga medis tersebut juga bakal didukung oleh fasilitas ambulans dan medical station di masing-masing arena pertandingan.

Namun saat ini masih ada sejumlah kendala, salah satu kendala yang adalah jumlah laboratorium untuk pemeriksaan sampel Covid-19 terbilang masih sedikit.

Karena itu upaya yang akan dilakukan sementara ini menjalin kerja sama dengan laboratorium swasta yang dapat melakukan backup pemeriksaan tes swab PCR dan tes antigen selama PON.