PB PON XX Resmi Serahkan TBH Kepada Bidang TIK
Koordinator Bidang Pertandingan, Jan Jap Ormuseray saat menyerahkan THB kepada Bidang TIK (foto : jubi.co.id)

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua 2021 bersama pengurus cabang olahraga telah merampungkan penyusunan Technical Hand Book (THB) PON XX Papua.

Bidang Pertandingan PB PON secara resmi telah menyerahkan THB kepada Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pada Selasa (27/4/21).

Penyerahan dilakukan oleh Koordinator Bidang Pertandingan PB PON, Jan Jap Ormuseray kepada Koordinator Bidang TIK, Kansiana Salle. Dan turut hadir juga Sekretaris Umum PB PON, Elia Loupatty untuk menyaksikan langsung penyerahan itu.

“Bisa dibilang THB ini adalah buku suci dalam penyelenggaraan PON XX. Proses yang berlangsung cukup lama dan melalui diskusi dan koordinasi yang intens semua bisa berjalan dengan baik. Kita patut berbangga bahwa penyusunan THB ini dapat tersusun dengan baik,” kata Elia Loupatty kepada pers, Rabu, (28/4/2021).

Elia Loupatty mengatakan, dengan perampungan dan penyerahan THB ini menandakan bahwa pihaknya, telah menjalankan tugas sebagai Panitia Besar PON XX. Dalam hal ini khususnya Bidang Pertandingan karena waktu yang hanya tinggal tersisa 158 hari.

Menurut Loupatty, PON XX berbasis TIK sehingga penyusunan dan pembahasan THB dapat melaksanakannya dengan cepat.

“Jadwal tersebut sangat mempengaruhi prestasi dari setiap atlet. Karena jika berbicara soal PON maka jantungnya ada di bidang pertandingan di mana THB lah jantungnya,” ujarnya.

Akan Menerbitkannya Pada Website PB PON XX Papua

Ia menjelaskan, bahwa setelah selesai membahas bidang pertandingan, kemudian akan melakukan penyerahan kepada TIK. Dan setelah itu akan menerbitkannya pada website PB PON.

Baca Juga : Pantau Aktivitas Pelabuhan, KSOP Sorong Buka Posko

“Seluruh Indonesia sudah membaca hal ini di website PB PON dan ini menjadi ajang prestasi bagi atlet karena tiap provinsi sudah mengetahui masing-masing yang akan ikut pertandingan,” katanya lagi.

Sementara itu, Koordinator Bidang pertandingan PB PON, Yan Yap Ormuseray mengatakan, penyerahan THB ini merupakan bagian penting karena akan menjadi buku pedoman teknis pada pelaksanaan PON XX pada bulan Oktober mendatang.

“kami secara resmi sudah serahkan kepada PB PON untuk kemudian Bidang TIK akan mempublish di website SIMPON untuk dilihat oleh seluruh kontingen seluruh indonesia,” tambahnya.

Namun demikian, kata Ormuseray, masih ada 4 cabang olahraga yang belum merampungkan THB-nya, yakni Anggar, Muaythai, Hoki Outdoor dan Indoor.

“THB yang serahkan ini sebanyak 50 dari 54 cabor disiplin PON XX karena ada 4 THB yang belum rampung. Harapan kami dalam waktu segera dirampungkan untuk dipublis,” tutupnya.