PB PON XX Target Pemasangan Peralatan Venue Rampung Akhir Agustus
beritapapua.id - Ilustrasi peresmian venue PON. (foto : jubi)

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua, menargetkan merampungkan pemasangan peralatan venue pada akhir Agustus 2021. Dan untuk semua pihak harus bisa bekerjasama agar bisa merampungkan peralatan venue itu pada Agustus ini.

Kesiapan PB PON XX Papua untuk pemasangan peralatan venue tersebut juga kini sudah menpacai 80 persen.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan progresnya kini diperkirkan mencapai 80 persen. Hampir semua peralatan yang menjadi tanggung jawab PB PON telah berada di Papua. Dan sebagian peralatan memang menjadi tanggung jawab dari PB PON namun ada beberapa peralatan yang menjadi tanggung jawab Kemenpora.

Pemasangan peralatan di tiap-tiap venus hanya tinggal menunggu waktu saja dan secepatnya peralatan tersebut akan terpasang di tiap-tiap venue pada Agustus ini.

“Ada sebagian peralatan sedang dalam proses pengiriman ke Jayapura. Paling lambat akhir Agustus, peralatan yang menjadi tanggung jawab kami, sudah terpasangan di semua venue. Karena kan ada juga peralatan yang menjadi tanggung jawab Kemenpora,” kata Yunus Wonda, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, PB PON hanya bertanggungjawab menyiapkan peralatan untuk 20 cabang olahraga disiplin. Sedangkan 37 cabang olahraga lainnya menggunakan dana APBN.

Baca Juga : Bupati Mimika Surati Presiden Pertimbangkan Tunda PON XX

Ia mengakui, dari sisi kesiapan venue hingga kini ada beberapa yang sedang dalam proses pengerjaan. Begitu juga sarana penunjang di sekitar venue. Akan tetapi tanggung jawab pembangunan venue dan sarana penunjang tersebut bukan kewenangan PB PON, melainkan beberapa organisasi perangkat daerah.

“Hingga kini ada venue yang progresnya baru 80 persen. Kan mesti sejalan, begitu venue rampung peralatan dipasang. Untuk itu kami harap dinas terkait dapat memperhatikannya,”ujarnya.

PB PON Harus Fokus Pada Tanggung Jawabnya

Sementara itu, Ketua Panitia Khusus PON DPR Papua, Jack Komboy meminta PB PON tetap fokus pada apa yang menjadi tanggung jawabnya.

“Memang mengenai peralatan ini, yang menjadi tanggung jawab Kemenpora baru peralatan cabor sepakbola wanita yang tiba Merauke,” kata Jack Komboy.

Ia berharap, Kemenpora dapat segera menyelesaikan kebutuhan peralatan yang menjadi tanggung jawabnya, agar kersiapan dapat segera terselesaikan dalam waktu dekat.

“Saya berharap apa yang menjadi tanggung jawab APBN, segera diselesaikan, agar proses ini berjalan dengan baik,” ucapnya.