PB PON XX Telah Menyiapkan Acara Seremonial Pembukaan PON XX
beritapapua.id - Peresmian Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. (foto: @pemprovpapua/instagram)

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Tanah Papua hanya tinggal menghitung hari sampai menuju pembukaan.

Acara untuk pembukaan PON XX akan tetap akan terlaksana sesuai jadwal, yakni pada 2 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe. Di sisa waktu yang kian dekat, Panita Besar PON Papua sudah menyiapkan panggung untuk seremonial pembukaan PON XX.

PB PON juga membeberkan jika sejak berapa waktu lalu seremonial pembukaan sudah siap untuk terlaksana, termasuk pendirian panggung.

Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON Papua, Yunus Wonda, mengatakan sejauh ini persiapan menuju pembukaan PON XX terlihat sangat baik.

Ia mengatakan event orgnizer (EO) yang menangani seremonial pembukaan kegiatan tersebut merupakan EO yang berpengalaman. Lantaran EO yang sama sebelumnya pernah juga menggarap event sekelas Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Baca Juga: SMAN 4 Jayapura Menggelar Vaksinasi Kedua

Secara umum, PB PON menyebut kesiapan Papua sebagai tuan rumah sudah mencapai progres 85 persen. Hanya tinggal melengkapi peralatan, overlay, dan pencairan dana konsumsi dari APBN.

“Kalau kita bisa bilang saat ini persiapan kami sebagai tuan rumah menuju PON XX sudah 85 persen,” jelas Wonda.

Hal serupa juga dilontarkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang mengatakan jika tuan rumah Papua saat ini sudah siap menuju acara pembukaan PON XX.

Disiarkan Langsung di Televisi

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KONI Pusat, TB Ade Lukman, mengatakan sejumlah stasiun Televisi akan menyiarkan seremonial pembukaan PON XX secara langsung. Selain itu acara seremonial pembukaan PON XX tersebut akan melibat atlet lokal.

“Opening PON XX di Stadion Lukas Enembe sudah disiapkan acara pembukaannya, dan ini harusnya menjadi kebanggaan kita semua, bahwa upacara ini juga akan melibatkan para atlet lokal dan juga akan disiarkan secara langsung di sejumlah TV,” kata Lukman.

Sekadar informasi, total atlet dari 34 provinsi yang akan bertanding pada PON XX di Tanah Papua berjumlah 7.046 atlet, terdiri dari 4.160 atlet putra dan 2.886 atlet putri. Atlet-atlet tersebut akan tersebar di 4 klaster penyelenggaraan, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika serta Kabupaten Merauke.