PDAM Jayapura Targetkan Penambahan 1500 Pelanggan Baru
beritapapua.id - Direktur PDAM Jayapura, Entis Sutisna (foto : istimewa)

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Provinsi Papua, Entis Sutisna, mengatakan hingga akhir 2021 ditargetkan terjadi penambahan 1500 pelanggan baru.

“Kami mengoptimalkan peningkatan pengoperasian di intake atau sumber air dan memberikan pelayanan,” ujar Sutisna di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (22/06/2021).

Sutisna mengatakan, hingga Juni 2021 sebanyak 35.700 jumlah pelanggan sudah tercatat di PDAM Jayapura. Dan Hasil tersebut tercacat baru 80 persen wilayah ibukota Provinsi Papua ini terlayani air bersih.

“Alhamdulillah di wilayah Distrik Muara Tami sudah ada penambahan sambungan baru sebesar 50 persen. Kami terus memperluas jaringan agar seluruh wilayah di Kota Jayapura bisa terlayani air bersih,” ujar Sutisna.

Ia menjelaskan untuk mendukung penambahan pelanggan baru PDAM Jayapura melakukan pengawasan di sumber air, dan mengoptimalkan sistem pengelolaan air minum atau SPAM. Selain daripada itu juga harus meningkatkan kualitas SDM dan infrastruktur yang terintegrasi menuju pelayanan prima.

PDAM harus memberikan pelayanan maksimal dan prima kepada pelanggan dari aspek kuantitas, kualitas, kontuinitas, dan keterjangkauan,” ujar Sutisna.

Kendala PDAM Jayapura Untuk Menambah Pelanggan Baru

Ia juga mengatakan, salah satu kendala PDAM untuk menambah pelanggan yaitu produksi air pada instalasi pengolahan air maupun melalui sumber air atau intake. Kapasitas produksi air yang tersedia saat ini sebesar 865 liter per detik atau 80 warga terlayani air bersih. Karena ia masih merasa belum mencakup semua langgan jika produksi air masih dengan kapasitas seperti saat ini.

“Dengan kapasitas produksi air yang ada sekarang, masih belum mencakup semua pelanggan,” ujar Sutisna.

Baca Juga : 14 Daerah di Papua Kini Berstatus Zona Merah Pandemi Covid-19

Untuk itu ia menambahkan akan tetap berupaya dengan meningkatkan pelayanan dengan harapan menarik minat warga.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan untuk mengejar target itu, PDAM Jayapura melakukan strategi. Dalam hal ini ia mengatakan salah upaya adalah dengan memberikan promo kepada warga yang ingin melakukan penyambungan baru.

“Mudah-mudahan target ini bisa tercapai agar meningkatkan kinerja perusahaan dan menambah pemasukan bagi pendapatan asli daerah Kota Jayapura,” ujar Rustan.

Rustan menambahkan agar mencapai target penyambungan pelanggan baru, yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bentuk dan jenis pelayanan yang PDAM berikan.