PDAM Jayapura Targetkan Seribu Pelanggan Baru di Tahun Ini
beritapapua.id - Kantor PDAM Jayapura di Jalan Baru Kelapa II Entrop, Distrik Jayapura Selatan. (Foto: Jubi)

Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Jayapura, Provinsi Papua, menargetkan penambahan seribu pelanggan baru. Agar masyarakat bisa menikmati air bersih dan sehat.

Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna di Kantor PDAM Jayapura mengatakan sangat optimis bisa mencapai target baru tersebut.

“Sementara masih mencapai 500 pelanggan. Saya optimis bisa tercapai dengan kerja dana pelayanan kami secara prima dan optimal,” ujarnya, Jumat (15/7/2022).

Entis menyebut bahwa jumlah pelanggan air minum yang sudah terdaftar di PDAM Jayapura sebanyak 36.700 atau 89 persen di wilayah Kota Jayapura dan 11 persen di wilayah Kabupaten Jayapura.

Ia juga mengatakan untuk mencapai target tersebut pihaknya sudah melakukan pemasangan pipa distribusi di beberapa titik seperti di Distrik Muara Tami, Bulog, Base-G, perumahan Skyline residen, dan komplek SMAN 4 Jayapura.

“Dalam rangka mencapai target, kami melakukan pemasangan pipa distribusi seperti di Distrik Muara Tami, Bulog, Base-G, perumahan Skyline residen, dan komplek SMAN 4 Jayapura,” ujarnya.

Tarif Pemasangan Baru PDAM Jayapura

Selain itu, lanjutnya, PDAM Jayapura juga memberikan diskon 50 persen dari tarif normal (pemasangan baru) pada momen HUT [PDAM Jayapura] dan HUT RI, terutama klasifikasi rumah tangga.

Dijelaskannya, kalau pemasangan normal Rp 1.650.000 (tarif normal jaringan 12 meter dari pipa induk), maka dengan pemberian diskon cukup membayar Rp 825.000.

Menurutnya hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mempercepat penambahan pelanggan baru PDAM Jayapura.

Baca Juga: TNI-Polri Menggelar Apel Pasukan Untuk Antisipasi Aksi Penolakan DOB di Kabupaten Jayawijaya

“Ini adalah upaya kami untuk mempercepat penambahan pelanggan baru dan ternyata masyarakat meresponnya dengan baik, sehingga berbondong-bondong untuk mendaftar,” ujar Entis.

Entis berharap semakin banyak masyarakat yang menjadi pelanggan baru, maka semakin nyata kontribusi atau dukungan masyarakat terhadap pengembangan [PDAM Jayapura].

“Harapan kami agar seluruh rumah tangga bisa teraliri air dari PDAM, sehingga mendapatkan manfaat layanan air bersih dan sehat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu memberikan uang kepada petugas untuk penyambungan karena sudah sesuai dengan prosedur.

“Saya pastikan kepada masyarakat untuk sambungan baru ikuti prosedur salah satunya tidak memberikan uang penyambungan kepada petugas kami,” tutupnya.