Pelaku UMKM di Jayapura Telah Mempersiapkan Diri Sambut PON XX
beritapapua.id - Komisi II DPR Papua saat bertemu pelaku UMKM di wilayah Jayapura pada pekan lalu. (foto : jubi)

Waktu perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua kian dekat, dan ini membuat banyak para pelaku usaha mikro, krcil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Jayapura mulai bersiap untuk menyambut pelaksanaan PON XX Papua Oktober mendatang.

Ketua Komisi II DPR Papua, Mega Nikijuluw mengatakan kesiapan para pelaku UMKM sudah terlihat saat pihaknya dan instansi terkait melakukan kunjungan kerja ke delapan lokasi di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, pekan lalu.

“Kami kunjungan ke delapan tempat UMKM. Di antaranya ke Koya, Kampung Harapan, Yokiwa, dan Sentani. Para pelaku UMKM yang merupakan warga asli Papua ini, sudah mempersiapkan diri. Mereka mulai memproduksi suvenir, sabun dari buah merah dan lainnya,” kata Mega Nikijuluw kepada Jubi, Kamis (22/7/2021).

Komisi II berharap, ketika perhetalan PON XX berlangsung para pelaku UMKM juga bisa mendapatkan tempat menjual hasil produksi mereka. Selain itu, hotel-hotel di wilayah klaster PON mengutamakan produk lokal, baik berupa sayuran, dan lainnya.

“Ini mesti diperhatikan dinas yang berada dalam rumpun ekonomi. Apalagi dalam situasi pandemi kini. PON tidak hanya suskes penyelenggaraan dan pretasi, juga mesti ada manfaat ekonomi bagi masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga : Jelang PON XX, PB PON Gelar Vaksinasi di Jayapura

Katanya, kunjungan kerja Komisi II pada pekan lalu, juga bertujuan melihat sejauh mana pelaksanaan program OPD mitranya. Apabila ada kendala, terutama berkaitan dengan dana, Komisi II akan memperjuangkan tambahan anggaran dalam pembahasan APBD perubahan tahun anggaran 2021.

“Memang ada dinas yang sudah punya UMKM binaan. Misalnya Dinas Kehutanan, UMKM binannya ada yang memproduksi minyak kayu putih, madu dan lainnya. UMKM binaan Dinas Perindakop, bergerak di bidang furnitur,” kata Mega Nikijuluw.

Jelang PON XX, PB PON Luncurkan Souvenir dan Air Mineral Kemasan Lokal

Belum lama ini, Sub PB PON Kota Jayapura meluncurkan souvenir dan air mineral dalam kemasan lokal bernama Nanwani dan hal tersebut sudah siap untuk mendukung perhelatan PON XX.

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura yang juga selaku Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan souvenir PON XX nanti akan berupa kerajinan tangan asli Papua yakni noken dan topi berbulu kasuari.

Karena menurutnya, souvenir tersebut melibatkan para pelaku UKM di Kota Jayapura dan telah siap untuk PON XX guna mengangkat perekonomian masyarakat adat setempat.

“Merchandise ini kami melibatkan para pelaku UKM-UKM yang ada di Kota Jayapura supaya ada nilai ekonomi bagi masyarakat Kota Jayapura,” kata Tomi Mano belum lama ini.