Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo Tertunda Sampai 4 Mei
Ketua Fraksi Nasdem DPRD Yahukimo Eli Pahabol (kanan), Anggota Fraksi Nasdem DPRD Yahukimo, Yafet Saram (kiri) dan Yance Ilintamon (kanan) (foto : kompas)

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo terpilih, Didimus Yahuli dan Esau Miram, batal melaksanan pelantikan pada Jumat (30/4/2021). Hal itu lantaran Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tengah bertugas di luar Papua. Pelantikan Didimus Yahuli dan Esau Miram itu tertunda hingga 4 Mei 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy pada telah mengkonfirmasi hal tersebut pada, Jumat (30/4/2021) kemarin.

Dance Yulian Flassy mengkonfirmasi penundaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo terpilih Pilkada Serentak 2020. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan pelantikan memang semestinya Jumat secara virtual, sebagaimana Radiogram Mendagri. Namun untuk sementara pelaksanaan tersebut harus tertunda.

“Seharusnya Mendagri yang lantik hari ini. Akan tetapi, setelah ada komunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, akhirnya Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal yang akan melantik,” ujar Sekda, Jumat (30/4/2021).

Penjadwalan Ulang Pelatikan Telah Mendapat Persetujuan Mendagri

Sekda pastikan, penjadwalan ulang pelantikan bupati dan wakil bupati Yahukimo sudah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri. Untuk pelaksanaan pelantikan tidak akan menggelarnya secara virtual, namun langsung oleh Wagub Klemen Tinal.

Hasil keputusan akhir, pelantikan bakal terlaksana pada 4 Mei 2021 oleh Wakil Gubernur Papua yang rencananya berlangsung di Kota Jayapura.

Kendati demikian, pelantikan tetap mengedepankan protokol kesehatan, yang pastinya akan membatasi jumlah tamu serta duduk berjarak.

Baca Juga : Kabel Optik Bawah Laut Putus, Layanan Internet di Papua Terganggu

Sementara itu, terkait jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Supiroi terpilih, Yan Imbab–Nichodemus Ronsumbre, Flassy menyatakan pelantikan mereka akan terlaksana setelah masa jabatan kepala daerah yang lama, berakhir pada 24 Mei 2021.

Ia juga menjelaskan bahwa jadwal pelatikan memang seharusnya 4 Mei. Namun, setelah ada pengecekan terkait masa jabatan kepala daerah yang sebelumnya ternyata memang baru berakhir pada 24 Mei mendatang.

“Sebenarnya pelantikannya dijadwalkan 4 Mei 2020, tapi setelah di cek ternyata masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati sekarang baru akan berakhir pada 24 Mei 2021,” jelasnya.

Ia juga mengatakan untuk sementara pihaknya akan fokus kepada pelantikan Bupati Yahukimo dahulu.

“Makanya kita fokus pelantikan Bupati Yahukimo dulu nanti setelah masa jabatan kepala daerah yang lama berakhir baru kita lantik yang baru,” tutupnya.