Rigging
Pelatihan Rigging Dalam Proses Lifting Minyak dan Gas Bumi

Pelatihan Rigging – Proses produksi merupakan kegiatan utama dalam industri hulu migas. Kegiatan usaha hulu migas terdiri atas eksplorasi dan eksploitasi. Kegiatan eksplorasi bertujuan untuk menemukan cadangan migas. Kegiatan eksploitasi terbagi dalam dua tahap yaitu tahap pengembangan dan tahap produksi. Pada tahap pengembangan, KKKS menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk masuk dalam tahap produksi.

Sedangkan pada tahap produksi, KKKS menggali dan mengangkat minyak dan gas bumi dari dalam perut bumi, lalu diproses untuk menghasilkan minyak dan gas bumi yang siap dijual. Tidak semua migas yang diproduksi tersebut dapat langsung dijual. Produksi migas tersebut masih harus diproses dan diangkut hingga siap dijual. Produksi migas yang telah siap jual inilah yang disebut dengan istilah lifting.

Pekerjaan Rigging mengacu pada pengangkatan (lifting), pemindahan dan pemosisian benda yang sangat besar atau berat yang berada di luar jangkauan yang wajar dari penanganan manual dan di luar jangkauan peralatan penanganan material. Karena sifat khusus dan berbahaya dari pekerjaan yang terlibat, profesi Rigger memerlukan pelatihan ekstensif baik di pusat pengajaran khusus dan kemudian melalui periode konsolidasi di lingkungan tempat kerja. Kompleksitas dari banyak operasi rigging mengharuskan perlunya tim riggers untuk bekerja secara kohesi agar dapat dengan sukses dan aman menyelesaikan aktivitas pergerakan muatan.

Baca juga: Proses Pengelasan Industri Minyak dan Gas Bumi

Mengingat sifat operasi yang berbahaya, peserta dalam tim rigging menaruh kepercayaan yang signifikan pada kolega mereka. Ini mengharuskan semua Riggers untuk mempertahankan tingkat pengetahuan dan kompetensi yang tinggi untuk memastikan bahwa operasi dilaksanakan secara profesional dan aman.

Pelatihan Rigging oleh Petrotekno

Rigging
Pelatihan Petrotekno

Petrotekno memiliki training atau pelatihan untuk hal ini dengan mempelajari aktivitas seperti: menyiapkan beban untuk bergerak atau mengangkat dan memposisikan, memindahkan beban, mengangkat dan posisikan beban, membongkar konstruksi rekayasa dalam pergerakan, menentukan persyaratan teknis untuk mencapai tujuan pemindahan, pengangkatan, dan penentuan posisi, serta menentukan persyaratan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut.

Meskipun beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi dan membutuhkan pengawasan, semua aktivitas rigging akan tetap sesuai dengan rencana pengangkatan yang disetujui dan semua standar internasional.