Pembagian 5 Zona Klaster PON XX Papua di Kabupaten Jayapura
Ketua Sub PB PON Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw (foto : jubi.co.id)

Pembagian 5 Zona Klaster PON XX Papua di Kabupaten Jayapura – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw selaku Ketua Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau Sub PB PON Kabupaten Jayapura menyatakan pengelolaan Klaster PON XX Papua di Kabupaten Jayapura akan terbagi dalam lima zona. Zonasi itu akan menyesuaikan dengan kebutuhan arena 21 cabang olahraga yang akan berselenggara di Kabupaten Jayapura.

Hal itu Mathius Awoitauw katakan saat berada di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, usai bertemu dengan Bidang Sumber Daya Manusia PB PON XX Papua, Kamis (22/4/2021). Menurutnya, setiap zona akan ada seorang manajer zona yang melakukan koordinasi.

Dalam hal ini ia menuturkan rincian zona, Seperti untuk Zona I berada di Kampung Harapan. Untuk Zona II berada di Stadion Bas Youwe, untuk dan Zona III di Sekolah Theologi Atas Injil aau STAKIN Sentani. Serta Zona IV di Pangkalan TNI AU Sentani, dan Zona V di Doyo Baru.

Sekitar 6.000 Atlet dan Official Akan Hadir Pada Gelaran PON XX

Menurutnya, dalam penyelenggaraan PON di Kabupaten Jayapura pada Oktober mendatang akan hadir 6.000 atlet dan official. Oleh karena itu, setiap bidang Sub PB PON Kabupaten Jayapura bertanggung jawab untuk menjalankan fungsi masing-masing di kelima zona yang telah disepakati.

“Misalnya di Zona Doyo Baru, ada venue hoki dan kriket. Bidang akomodasi, transportasi, perlengkapan, konsumsi dan bidang lainnya akan bertanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya. Masing-masing melakukan koordinasi kepada satu manajer zona, [dan selalu siap] ketika dibutuhkan,” ucapnya.

Baca Juga : KONI Papua Mewajibkan Para Atlet Untuk Menjalani Vaksinasi Covid-19

Awoitauw berharap semua pihak mendukung penyelenggaraan PON XX Papua di Kabupaten Jayapura dan tiga klaster lainnya. “Kita harus optimis dan menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan PON di Bumi Khena Mbai Umbai yang kita cintai,” kata Awoitauw.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON Papua, Albertho Wanimbo mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan merekrut para relawan dan workforce PON XX Papua di Kabupaten Jayapura. Ia menyatakan perekrutan tahap kedua relawan PON XX Papua akan mencari 33 ribu relawan.

Pada perekrutan tahap pertama, Bidang SDM PB PON XX Papua telah merekrut 11 ribu relawan. “Yang diperlukan adalah bank data terkait sumber daya manusia. Panitia Sub PB PON tingkat kabupaten sudah harus mempersiapkannya, sehingga pembagian tugas setiap bidang kerja bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan. Kami menunggu kepastian dari panitia di tingkat bawah,” kata Wanimbo.