Pemda Puncak Dapatkan Penghargaan Dalam Pengelolaan Dana Desa Terbaik
beritapapua.id - Penyerahan piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan RI kepada Pemda Kabupaten Puncak. (Dok. Diskominfo Puncak)

Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Pemda Puncak karena menjadi kabupaten terbaik di seluruh Indonesia dalam pengelolaan dana desa.

Pemda Puncak sebagai daerah dengan kinerja pengelolaan dana desa terbaik se-Indonesia (nasional) tahun 2020 dan 2021. Hal ini berdasarkan keputusan Direktur Jenderal perbendaharaan Kementerian Keuangan RI.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua Burhani AS menyerahkan langsung Piagam penghargaan tersebut kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Puncak, Drs. Abraham Bisay, mewakili Bupati Puncak di Gedung Keuangan Negara Jayapura (GKN) Jayapura, Jumat (08/04/2022).

Kabupaten Puncak dalam beberapa waktu terakhir tidak kondusif karena adanya konflik bersenjata di wilayah tersebut. Namun hal tersebut tidak menyurutkan tekad Bupati Willem Wandik dan jajarannya dalam menyalurkan dana desa.

Sekda Abraham Bisay, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyediakan program dana desa.

Dana Desa Begitu Bermanfaat

Menurutnya manfaatnya dana desa sangat terasa bagi masyarakat Kabupaten Puncak yang berada di wilayah Pegunungan di Provinsi Papua.

“Tanpa dana desa pembangunan di desa-desa pada Kabupaten Puncak tidak akan maksimal,” ujarnya.

Baca Juga: Gelar Konser Bawah Tanah, PT Freeport Indonesia Dapatkan Penghargaan Rekor Muri

Lanjutnya, anggaran desa yang diterima pada tahun 2021 mencapai Rp 219,6 miliar telah dimanfaatkan oleh 206 Desa di Kabupaten Puncak. Pengelolaan dana tersebut di Kabupaten Puncak sangat mendukung pemulihan ekonomi melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan atas penghargaan kepada kami, Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak atas kinerja pengelolaan dana desa terbaik nasional, peringkat pertama,” ungkapnya.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian Keuangan di Papua baik di Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, maupun di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Timika yang telah bersinergi bersama kami dalam rangka penyaluran dana desa dan BLT kepada masyarakat desa di wilayah kami,” tambahnya.

Ia mengatakan penyaluran dan pengelolaan dana desa bisa berjalan dengan baik dan lancar adalah berkat adanya koordinasi dengan jajaran Kementerian Keuangan secara intensif.

“Terima kasih pula kami sampaikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Puncak, BPKAD Kabupaten Puncak, DPMK Kabupaten Puncak, para koordinator pendamping desa, dan kepala distrik serta kepala desa di wilayah kabupaten Puncak, yang telah berjuang dan sinergi bersama dalam rangka penyaluran dana desa ini, demi tercapainya pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa, dan pemerataan ekonomi desa,” pungkasan dengan gembira.