Pemerintah Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Virus Corona
beritapapua.id - Pemerintah Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Virus Corona - REUTERS/CDC

Sudah hampir 2 bulan virus Corona atau Covid-19 masih menjadi hal yang paling sering diberitakan di media-media. Bagaimana tidak, virus ini menular dengan cepat dan sudah memakan banyak korban jiwa namun belum juga ditemukan obatnya.

Saat ini lebih dari 40 negara sudah terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan, Hubei, China, dengan total 89,077 orang yang terkonfirmasi telah terjangkit Covid-19, sedangkan korban meninggal 3,053 korban meninggal dunia akibat virus tersebut secara global, sedangkan yang sembuh 45,146 orang.

Walaupun belum ditemukan obat untuk melawan virus tersebut tapi dikatakan bahwa saat ini para ahli bidang kesehatan sedang melakukan penelitian pemberian obat malaria serta antiretroviral ritonavid dan lopinavir yang diberikan kepada pasien dikarenakan memiliki gejala yang sama seperti malaria.

Di Indonesia sendiri sudah ada 2 orang terkonfirmasi adanya virus Corona yang penyebarannya di Indonesia, sisanya hanya sekedar isu-isu yang bertebaran di media sosial dan internet. Dunia Internasional pun sempat meragukan bahwa Indonesia bebas dari virus Corona.

2 Orang yang terkonfirmasi tersebut sudah masuk kedalam worldometers.info, dan beberapa WNI yang terjangkit virus tersebut diluar negeri, serta adanya Warga Negara Asing (WNA) Jepang yang dikatakan terinfeksi virus Corona saat berlibur di Bali. Namun, pernyataan tersebut telah dibantah oleh dinas kesehatan Bali karena telah dilakukan pemeriksaan di hotel tempat WNA tersebut menginap dan tidak ditemukan indikasi virus Corona.

Departemen Kesehatan Australia memasukkan Indonesia ke daftar negara yang diwaspadai bersamaan dengan China, Iran, Italia, dan Korea Sealtan. Selain itu, Pemerintah Arab juga membatasi sementara penrimaan Jemaah umrah dari 23 negara yang mana Indoensia juga termasuk kedalamnya.

Baca Juga: Pemerintah Umumkan Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia

Negara Dituntut Untuk Meningkatkan Kewaspadaan

Dikutip dari kompas.com ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah untuk tidak menyederhanakan potensi ancaman dari penyebaran virus Corona.

“Negara harus meningkatkan kewaspadaan. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengakui sambil mengingatkan bahwa dunia belum mampu mengendalikan wabah Covid-19”

Selain itu Bambang juga menyatakan, data penyebaran dan korban meninggal akibat virus Corona di berbagai negara harus dicermati dan pedoman pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan. Tidak hanya pemerintah namun juga semua elemen masyarakat juga berperan penting dalam pencegahan penularan virus Corona.

Semoga saja cepat para ahli dibidang kesehatan segera menemukan obat untuk menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi Covid 19. Dan di Indonesia sendiripun penyebarannya tidak luas.