Pemerintah Papua Apresiasi Bantuan dari URI Amerika Serikat
beritapapua.id - Pemerintah Papua Apresiasi Bantuan dari URI Amerika Serikat - Pemerintah Provinsi Papua

Pemerintah Provinsi Papua menerima bantuan berupa 70 ventilator dari University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat. Bantuan tersebut saat ini sudah tiba di Jakarta, dan selanjutnya akan diberangkatkan ke Papua pada sabtu (08/8/2020) yang kemudian direncanakan tiba di Jayapura pada Minggu (09/8/2020).

Sebelumnya, URI dengan Pemerintah Papua telah menjalin kerjasama kerjasama pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun 2019. Dimana perjajian yang ditandatangani oleh Rektor URI Dr. David M. Dooley, PhD bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH bertujuan untuk kerjasama penelitian dan pelatihan dan pengembangan SDM putra-putri asli Papua.

Bantuan ventilator ini merupakan wujud kerjasama antara URI Amerika dengan Pemerintah Provinsi Papua. Yang mana URI berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi melalui Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua Aryoko AF Rumaropen untuk bantuan ventilator ini. Sehingga dapat berfungsi sebagai peralatan ventilator tambahan di rumah sakit untuk merawat pasien yang terkena Covid-19.

Ventilator desain URI dikembangkan dengan menciptakan ventilator dengan mengubah perangkat CPAP dan BiPAP. Setiap paket ventilator berisi sirkuit lengkap untuk penanganan pasien Covid-19. Bantuan tersebut nantinya akan ditujukan untuk 45 rumah sakit yang ada di Papua terdapat 13 rumah sakit rujukan. Adapun rumah sakit tersebut tersebar di Jayapura, Mimika, Wamena dan daerah-daerah lainnya.

Baca Juga: Uang Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan

Bantuan ke Pemerintah Papua merupakan hasil kerjasama antara URI dan dibantu PT Freeport

Dalam melakukan pengiriman bantuan 70 ventilator tersebut dari Rhode Island Amerika difasilitasi oleh PT. Freeport Indonesia. Dalam serah terima bantuan ventilator tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule. Perwakilan URI Indonesia, Diana Devi dan Dian Novita Sari. Serta perwakilan PT Freeport Indonesia Sutomo.

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP.MH secara khusus mengucapkan terima kasih kepada University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat atas bantuan ventilatornya. Serta kepada PT Freeport Indonesia atas bantuan mendukung pengiriman ventilator untuk Papua selama pandemi.

Adapun desain dan perakitan ventilator tersebut telah melibatkan lebih dari 100 Profesor, staf dan mahasiswa URI termasuk mahasiswa URI dari Papua. Dimana mereka secara sukarela merakit ventilator untuk didistribusikan ke seluruh dunia dan ke Papua.