Pemerintah Papua Barat Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif
Beritapapua.id - Pemerintah Papua Barat Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif - Link Papua Barat

Pemerintah Papua Barat Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif –┬áPemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat mendorong pertumbuhan industri kreatif lima komoditas unggulan di daerah tersebut. Kelima komoditas unggulan tersrbut meliputi kakao, rumput laut, kopi, pala serta kelapa dalam

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat, Charlie Heatubun mengutarakan bahwa pemerintah daerah sejak beberapa tahun terakhir sedang mengembangkan komoditas unggulan. Pengembangan lima komoditas tersebut termasuk ekowisata dan ekonomi kreatif masuk dalam skema pembangunan ekonomi hijau di Papua Barat.

Charlie mengemukakan bahwa rancangan investasi hijau di Papua Barat telah disusun. Pihaknya pun telah menginisiasi pembentukan satuan tugas komoditas unggulan yang akan mendorong pengembangan komoditas unggulan tersebut. Grand desain yang disusun bersama dengan sejumlah mitra pemerintah itu mendorong munculnya industri kreatif dari pengembangan lima komoditas unggulan tersebut. Sehingga ada manfaat yang lebih besar serta dampak ekonomi yang lebih masif dari pengembangan itu.

Menurut Charlie dengan produk olahan keuntungan yang diperoleh masyarakat atau petani akan jauh lebih besar dibanding sekadar menjual produk mentah. Seperti contohnya Kakao kering kualitas premium di Ransiki hanya Rp45 ribu perkilo. Sedangkan jikalau petani bisa memproduksi dalam bentuk bubuk 1 kg harganya bisa mencapai Rp250 ribu. Hal serupa juga didorong untuk komoditas lain seperti buah pala, kopi, rumput laut serta kelapa dalam.

“Misalnya dari kakao Ransiki di Manokwari Selatan, kami akan dorong agar ada produk olahan kakao yang dilakukan masyarakat. Bisa dalam bentuk industri rumah tangga, berdirinya kedai minuman, spa dan lain sebagainya,” kata Charlie.

Baca Juga: KKB Tembak Pelajar di Kampung Mudidok Papua

Potensi Pasar Yang Masih Sangat Besar

Pemerintah Papua Barat Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif
Beritapapua.id – Pemerintah Papua Barat Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif – Antara

Potensi pasar untuk lima komoditas unggulan ini dinilai masih sangat besar, baik dalam bentuk produk mentah maupun olahan. Untuk produk mentah saja Papua Barat sudah bisa memasok beberapa komoditas unggulan ke sejumlah daerah. Bahkan sudah melakukan ekspor ke beberapa negara di wilayah Eropa seperti Inggris, Belanda dan Perancis.

Seperti Kakao yang untuk pasar domestik sudah kirim ke Surabaya. Sedangkan untuk ekspor sudah dikirim ke Inggris, Belanda dan Perancis. Rumput laut Wondama baru pasar dalam negeri saja. Untuk kopi baru bisa untuk kebutuhan lokal saja, karena produksinya masih sedikit. Sedangkan produksi pala di Kabupaten Fakfak sudah diekspor ke sejumlah negara baik di wilayah Asia maupun Eropa.