Pemerintah Papua Barat Luncurkan Prosppek Otsus
Beritapapua.id - Pemerintah Papua Barat Luncurkan Prosppek Otsus - Antara

Pemerintah Papua Barat Luncurkan Prosppek Otsus – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan meluncurkan Program Strategis Peningkatan Pembangunan Kampung Otonomi Khusus (Prosppek Otsus) dan program perlindungan sosial untuk balita dan lanjut usia. Prosppek merupakan program bantuan keuangan untuk kampung, kelurahan dan distrik yang dialokasikan dari dana Otsus.

Gubernur Mandacan mengatakan program ini bertujuan untuk mengoptimalkan tata kelola pemerintahan serta pembangunan di bidang ekonomi serta pelayanan dasar. Yang diperuntukkan bagi masyarakat asli Papua.

Selain itu, Prosppek ini juga diharapkan mampu mendorong peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) serta program afirmasi bagi orang asli Papua. Sekaligus menjadi daya ungkit pada program dana desa yang digulirkan pemerintah pusat.

Pada Prosppek 2021, lanjut Gubernur, setiap kampung akan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp265 juta dari dana Otsus. Kelurahan Rp175 juta dan distrik Rp125 juta. Sehingga melalui Prosppek dan program perlindungan sosial bagi orang asli Papua dapat mendukung pemerintah Papua Barat dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Baca Juga: Legenda Sepak Bola Diego Maradona Meninggal Dunia

Kemendes PDDT Ikut Mendukung Prosppek Otsus Papua Barat

Pemerintah Papua Barat Luncurkan Prosppek Otsus
Beritapapua.id – Pemerintah Papua Barat Luncurkan Prosppek Otsus – Radar

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDDT) mendukung Prosppek Otsus Papua Barat yang sejalan dengan Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) desa. Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDDT, Bito Wikantosa menjelaskan bahwa Perpres tersebut memuat 18 tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.

Biko menyatakan harapannya agar Program yang dilaksanakan Provinsi Papua Barat dapat disinergikan dengan SDGs desa yang ditetapkan Presiden melalui Perpres tersebut. Program itu pun diharapkan berjalan maksimal sehingga mampu mengangkat ekonomi masyarakat asli Papua.

Lebih lanjut Biko juga optimistis dengan efektivitas pengelolaan dana desa serta Prosppek dana Otsus, SDGs mampu diwujudkan di Papua Barat. Sehingga bisa menghadirkan kesetaraan ekonomi dan kesejahteraan antara masyarakat asli Papua dan non-Papua.

Kemendes PDTT, juga nantinya akan segera menyiapkan panduan kerja dan pengembangan kapasitas. Yang diperuntukan bagi pendamping pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) agar mampu bersinergi dalam program ini.