Pemerintah Pusat Akan Mengembangkan Bandara Pegunungan Arfak
Beritapapua.id - Pemerintah Pusat Akan Mengembangkan Bandara Pegunungan Arfak - Kabarpapua

Pemerintah Pusat Akan Mengembangkan Bandara Pegunungan Arfak – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyatakan Pemerintah pusat akan melakukan pengembangan terhadap bandar udara (Bandara) di Kabupaten Pegunungan Arfak. Gubernur Mandacan menjelaskan bahwa pembangunan bandara dan seluruh fasilitas pendukung termasuk terminal bandara merupakan tugas pusat.

Sedangkan daerah berkewajiban dalam proses pembebasan lahan. Oleh karena itu, Gubernur memastikan pemerintah provinsi tidak akan lepas tangan terkait rencana pengembangan Bandara tersebut. Ia pun menginginkan pengembangan bandara pada daerah yang kaya akan potensi pariwisata itu segera dilakukan.

“Pusat itu pasti siap, yang penting lahannya tersedia. Kalau lahan sudah dibebaskan pusat pasti akan turunkan anggaran untuk pembangunan. Kita akan siapkan anggaran tapi bukan tahun ini. Kita akan alokasikan di tahun 2021 karena 2020 sudah mau berakhir,” ucap Gubernur Mandacan, mengutip dari Antara Selasa (3/11/2020).

Selain itu, Gubernur juga telah menginstruksikan penjabat bupati setempat agar mengumpulkan masyarakat, terutama pemilik hak Ulayat. Proses pembebasan lahan harus dibahas secara baik agar berjalan lancar. Ia berharap pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak aktif berkoordinasi baik dengan provinsi maupun pusat. Sebab dengan adanya kehadiran Bandara di Pegunungan Arfak sangat dibutuhkan untuk menggerakkan sektor pariwisata.

“Masyarakat bukan menolak, mereka hanya membutuhkan informasi pasti. Kalau kita sudah duduk bersama masyarakat pasti akan ada titik terang. Kalau koordinasi dilakukan secara baik, pasti tidak akan terjadi miskomunikasi, termasuk kepada masyarakat,” Ujar Gubernur.

Baca Juga: UMP Papua Barat Tahun 2021 Tidak Mengalami Kenaikan

Rencana Pembangunan Jalan dan Bandara di Pegunungan Arfak

Pemerintah Pusat Akan Mengembangkan Bandara Pegunungan Arfak
Beritapapua.id – Pemerintah Pusat Akan Mengembangkan Bandara Pegunungan Arfak – Alinea

Selain bandara, pemerintah pusat pun berkomitmen membantu pembangunan jalan. Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo Papua dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua Barat pada Oktober 2019 lalu. Presiden berjanji akan membangun jalan, pasar, juga bandara di Arfak.

Akses jalan Pegunungan Arfak-Manokwari akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang terutama produk-produk pertanian. Para petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian ke Manokwari. Serta juga dapat ikut mendongkrak pariwisata di Pegunungan Arfak.

Selain jalan, Jokowi berkomitmen pula untuk mengembangkan ­bandara dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Pegunungan Arfak. Seperti rumah sakit, puskesmas dan pasar.