Pemerintah Siapkan RS Khusus Penyakit Menular Di Pulau Galang
beritapapua.id - Pemerintah Siapkan RS Khusus Penyakit Menular Di Pulau Galang - Regional Kompas

Pemerintah Indonesia mulai membangun fasilitas karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular terutama virus corona atau covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Yang pada rencananya proyek ini akan ditargetkan kelar dalam waktu dua minggu.

“Target yang diberikan Bapak Presiden adalah 2-3 minggu harus selesai dan siap untuk dimanfaatkan.” Tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dikutip dari CNBC Indonesia.

Basuki optimis dapat mengerjakan pembangunan fasilitas obervasi dan isolasi pengendalian penyakit menular di bekas kompleks penampungan Pengungsi Vietnam. Tahap pertama dirancang dua bangunan dalam 2 lantai, fasilitas kesehatan ini mencakup ruang observasi dan isolasi.

Ruang observasi sebanyak 230 kamar, dimana satu kamar berkapasitas 8-10 pasien, sementara ruang isolasi terdiri dari dua bagian yaitu isolasi Intensive Care Unit (ICU) sebanyak 30 kamar, dan non-INCU berjumlah 20 kamar. Selain itu di sekitar fasilitas utama juga akan dilengkapi sarana olahraga, ruang terbuka hijau serta sarana pengolahan sampah padat dengan incinerator khusus, serta Instalasi Pengolahan Air Limba (IPAL).

Baca Juga: Terus Dapat Tekanan, Ada Apa dengan RUU Omnibus Law?

Dipilihnya Pulau Galang Sebagai Rumah Sakit (RS) Khusus Penyakit Menular

Dipilihanya Pulau Galang untuk mendirikan rumah sakit khusus untuk pengendalian penyakit menular karena dinilai strategis. Lokasi tersebut jauh dari permukiman warga sehingga minim resiko penularan di wilayah tersebut. Selain itu lokasi setempat didukung dengan adanya Banda Hang Nadim, yang mana mampu menampung Pesawat berukuran besar.

Jarak tempuh dari bandara ke lokasi rumah sakit hanya memakan waktu 1 jam. Dengan demikian, apabila ada warga Indonesia yang terinfeksi setelah berpergian dari luar negeri bisa langsung ditujukan ke Pulau Galang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai fasilitas yang ada di Pulau Galang sudah memadai. Dalam pembangunannya pemerintah tinggal melengkapi dan melakukan perbaikan. Dalam rangka pembangunannya Kementrian PUPR telah berkoordinasi dan berbincang dengan pengelola setempat.

Kementrian PUPR juga akan meningkatkan akses keluar masuk pulau dengan membangun helipad dan disiapkan penataan dermaga di Pelabuhan Pulau Galang yang dikelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perhubungan Pemkot Batam.