Pemerintah Umumkan Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia
Beritapapua.id - Pemerintah Umumkan Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia - ihsanuddin

Pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama virus Corona di Indonesia. Jokowi menyebutkan dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang terkena virus Corona ini tertular dari warga negara Jepang yang bertandang ke Indonesia beberapa waktu lalu yang dinyatakan positif Corona. Dua orang WNI tersebut terdiri dari seorang ibu dan anak.

“Ibu dan putrinya, dua orang itu di indonesia. Sudah di rumah sakit. Si ibu usia 64 tahun dan anaknya umur 31 tahun,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Senin 2 Maret 2020.

Pada mulanya, sebuah portal berita Malaymail memberitakan warga negara Jepang berusia 41 tahun positif di negaranya tersebut. Ia juga menyebutkan orang tersebut pernah berkunjung ke Indonesia.

Pasien ke-24 di Malaysia itu diidentifikasi sebagai perempuan berkebangsaan Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia. Ia sebelumnya bepergian ke Jepang pada Januari dan ke Indonesia pada awal Februari.

“Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri,” sambungnya.

Kemudian dari penelusuran tersebut ditemukan warga negara Jepang pernah berinteraksi dengan kedua WNI tadi. Dan saat dicek ternyata keduanya positif Corona.

“Ternyata orang yang telah terkena Virus Corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu yang umurnya 64 tahun, dan putrinya 31 tahun. Saat Dicek oleh tim kita pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapat laporan dari Pak Menkes [Terawan] bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” ucap Jokowi.

Baca Juga: PON 2020 Momentum Pembangunan Papua Menuju Indonesia Maju

Kedua WNI Tinggal di Depok dan Dirawat di RSPI Sulianti Saroso Sunter

Menteri Kesahatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua warga negara Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona tinggal di Depok, Jawa Barat.

“Terkenanya di rumahnya, rumahnya daerah Depok,” kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini.

Setelah dinyatakan positif Corona, kedua warga negara Indonesia tersebut kemudian menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“(Sekarang dirawat) di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” ucap Terawan dilansir dari kompas.com

Hingga artikel ini dibuat, belum ada penjelasan soal lokasi detail rumah kedua WNI tersebut. Namun Menkes Terawan menyatakan telah mengisolasi rumah tersebut.

“Sudah melakukan isolasi rumah,” Ujar Terawan.