Pemkab Asmat Terus Pastikan Masyarakat Dapat Menikmati Listik Selama 24 Jam
beritapapua.id - Peresmian PLTS di Kampung Jouw, Distrik Betcbamu oleh Bupati Asmat Elisa Kambu, Minggu 14 Agustus 2022. (KabarPapua)

Pemerintah Kabupaten Asmat, Papua Selatan berupaya menghadirkan kesetaraan kepada seluruh warga, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terjauh.

Pemerintah Kabupaten Asmat juga terus berupaya dan memastikan masyarakat di wilayah itu dapat menikmati listrik selama 24 jam penuh. Seperti di Kampung Jouw, Distrik Betcbamu, Kabupaten Asmat kini dapat menikmati listrik sepanjang hari.

Upaya ini juga ditandai dengan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah itu oleh Bupati Asmat, Elisa Kambu pada, Minggu (14/08/2022) kemarin.

Pada kesempatan itu Elisa Kambu mengatakan bahwa masyarakat saat ini sudah dapat menikmati listrik selama 24 jam. Ia juga minta kepada masyarakat agar menjaga PLTS tersebut, sehingga masyarakat dapat terus menikmati listrik untuk kedepannya.

“Saat ini kalian sudah dapat menikmati listrik selama 24 jam. Anak-anak kalian sudah tidak lagi belajar dalam kegelapan. Untuk itu saya minta kalian menjaga tempat ini,” tutur Elisa Kambu.

Membayar Penggunaan Listrik Melalui Dana Desa

Elisa Kambu juga menyebutkan bahwa masyarakat kampung belum mampu untuk membayar penggunaan listrik, karena keterbatasan penghasilan. Namun, ia menyebut ada cara untuk mengatasi persoalan itu.

“Untuk pemasangan kan pemerintah sudah biayai. Nah, nanti selanjutnya untuk pembelian token listrik, saya akan koordinasi dengan kepala kampung, apakah bisa menggunakan dana desa atau tidak. Nah ini yang nanti kita lihat dulu,” ujar Elisa Kambu.

Menurut Elisa Kambu, beroperasinya PLTS di Distrik Betcbamu menandakan negara telah hadir untuk masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Asmat Berikan Dukungan Kepada Pegawai ASN OAP Yang Ingin Pindah ke Provinsi Papua Selatan

“Ini sebagai hadiah HUT RI untuk kita semua. Doa masyarakat Betcbamu selama ini akhirnya terjawab,” ujar Elisa Kambu.

Sementara Koordinator Unit Layanan Pelanggan (ULP) Agats, Andi Muhammad Zauky mengatakan, kekuatan PLTS ini mencapai 30 kWp.

“Saat ini yang sudah terpasang di rumah masyarakat kampung Jouw mencapai 56 rumah dan masih ada lagi pemasangan,” tuturnya.

Peresmian PLTS Kampung Jouw, Betcbamu digelar secara ritual adat. Salah satu warga Margaretha, menyambut baik hadirnya listrik di kampungnya. Bahkan, beberapa kali dia terlihat haru.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah karena listrik sudah hadir di kampung,” ucap Margaretha.