Pemkab Jayapura Rencanakan Salurkan BLT UMKM Untuk Pelaku Usaha
beritapapua.id - Masyarakat yang sedang mengurus surat keterangan usaha di Kantor Distrik Sentani (foto : jubi)

Pengusaha di Kabupaten Jayapura, Papua banyak yang berminat menunggu rencana pemerintah untuk menyalurkan BLT UMKM atau Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah Kabupaten Jayapura, Parson Horota juga telah mengkonfirmasi hal tersebut. Ia yang saat itu berada Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Sabtu (19/6/2021) kemarin, mengatakan bahwa banyak masyarakat yang berminat dengan rencana pemerintah tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa pelaku usaha yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon penerima BLT UMKM harus memiliki surat keterangan usaha dari pemerintah distrik.

Horota juga mengatakan animo masyarakat sudah terlihat saat banyaknya masyakarat yang mengurus surat keterangan usaha.

“Animo masyarakat juga cukup banyak untuk mengurus surat keterangan tersebut,” ujar Horota.

Horota menyatakan pihaknya terus mendata dan memvalidasi berkas permohonan para pelaku UMKM yang ingin menerima BLT UMKM. Pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat nantinya akan menerima bantuan antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta.

Menurut Horota, hasil pendataan dan validasi pemohon BLT UMKM di Kabupaten Jayapura akan dikirimkan dulu kepada Pemerintah Provinsi Papua. Hal itu guna untuk memvalidasi kembali data-data yang ada. Dan selanjutnya dikirim kepada Kementerian Koperasi serta UMKM. Kementerian Koperasi dan UMKM juga akan memvalidasi data itu, lalu mentransfer BLT UMKM kepada pelaku usaha yang berhak.

Persyaratan Untuk Dapatkan BLT UMKM

Sementara itu, Kepala Distrik Sentani, Yohanes Eroll Daisiu membenarkan banyak pengusaha mikro mengurus surat keterangan usaha untuk mendapatkan BLT UMKM.

Baca Juga : 44 Klub Peserta Turnamen RHP CUP I Menerima Uang Binaan

“Sudah sepekan ini masyarakat berlomba mengurus persyaratan yang diminta. Kami hanya menyiapkan blanko surat keterangan usaha untuk diisi secara gratis, dengan menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk serta alamat dan denah tempat usaha,” ujar Daisiu.

Margareta Asa, salah satu pengusaha mikro di Kota Sentani, mengaku sangat gembira dengan rencana penyaluran BLT UMKM itu. Menurutnya, selama ini pemerintah daerah jarang memberikan bantuan bagi pengusaha mikro di Kabupaten Jayapura

“Sebagai masyarakat dengan usaha yang kecil, kami sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan pemerintah pusat. Semoga persyaratan yang kami persiapkan itu dapat membuahkan hasil yang baik bagi kami,” kata Margareta.