Pemkab Jayawijaya Dapat Bantuan Generator Oksigen
beritapapua.id - Penyerahan bantuan generator oksigen kepada Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua di Wamena, Kamis 2 September 2021. (foto: kabarapapua)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya mendapatkan bantuan berupa generator oksigen untuk bisa membantu penyediaan oksigen medis di RSUD Wamena.

Bantuan tersebut merupakan berkat kerja sama TNI, Kadin Indonesia, Sasa dan Rodamas & Meratus.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Mayjend TNI Jeffry Apoly Rahawarin menyerahkan langsung kepada Bupati Jayawijaya, Kamis (2/9/2021).

Jeffry Apoly Rahawarin, mengatakan bantuan ini merupakan salah satu kepedulian TNI dalam membantu pemerintah daerah melawan Covid-19 di wilayah tersebut. Karena sebelumnya memang terjadi kekurangan di wilayah tersebut kurangnya pasokan oksigen medis.

“Dengan begitu kita datangkan generator tabung oksigen ini. Sehingga di daerah khususnya di wilayah pegunungan tengah ini tidak kesulitan lagi,” katanya.

Menurutnya, bantuan ini atas kerja sama dengan pihak Kadin Indonesia, Sasa, dan Rodamas & Meratus, dan dirinya mengharapkan bantuan serupa juga tidak hanya di wilayah pegunungan, tetapi di daerah lain pun mendapatkan bantuan yang sama.

Sementara itu Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua menyampaikan bantuan tersebut sangat membantu RSUD Wamena dalam memberikan pelayan kepada pasien Covid-19.

Karena ia mengatakan saat pandemi Covid-19 ini ada beberapa pasien yang membutuhkan ventilator.

Membantu Kebutuhan Oksigen Pasien

Ia juga menjelaskan selama ini RSUD Wamena hanya memiliki satu alat generator oksigen yang terus beroperasi selama 24 jam. Dan dengan adanya batuan tersebut RSUD Wamena saat ini bisa membantu kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 mapun penyakit lainnya.

“Dengan adanya bantuan generator oksigen ini dapat membantu kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19, maupun penyakit lainnya di RSUD Wamena yang juga menjadi rumah sakit rujukan di wilayah pegunungan tengah Papua,” katanya.

Baca Juga: PB PON XX Telah Menyiapkan Acara Seremonial Pembukaan PON XX

Ketua Kadin Provinsi Papua, Ronald Antonio Bonay mengatakan generator oksigen ini merupakan bantuan dari Kadin yang bekerjasama dengan TNI.

Ia mengatakan saat ini pihaknya terus berupaya agar semua wilayah di Papua bisa mendapatkan bantuan berupa konsentrator dari Kadin Pusat.

“Kadin Papua juga sedang memperjuangkan bantuan berupa oksigen konsentraktor ke Kadin Pusat. Kenapa generator ini hanya di Jayawijaya saja, ketika kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya kami meminta data setiap daerah, dan ternyata direspons baik Bupati Jayawijaya dan Direktur RSUD Wamena terkait data penanganan pasien Covid-19,” katanya.

Direktur RSUD Wamena, dr. Felly Sahureka menyebut generator oksigen ini dapat memproduksi 100 tabung enam kubik per hari. Dan hal tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan pasien yang ada di rumah sakit maupun pasien lain dari wilayah Lapago.