Pemkab Manokwari Segera Jadwalkan Launching Daerah Otonomi Baru
beritapapua.id - Bupati Manokwari Hermus Indou (foto : kabarpapua)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari segera menjadwalkan pelaksanaan launching dua calon daerah otonomi baru (DOB) kabupaten Manokwari Barat dan Kota Manokwari.

Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou, di Manokwari, pada Jumat (28/5/2021) juga telah memberikan keterangan terkait dengan hal tersebut.

Ia mengatakan bahwa agenda ini merupakan bagian dari Kabupaten induk mendorong percepatan dua daerah otonomi baru itu. Dan agenda pelaksanaannya ia katakan memang sudah dekat.

“Iya launching akan kami agendakan pelaksanaannya dalam waktu dekat ini, sebagai bagian dari membangunan Manokwari Barat dan Kota Manokwari,” ujarnya.

Ia optimis pemerintah pusat akan segera mengabulkan permohonan terkait dengan DOB tersebut. Dan DPR RI akan cepat mengetuk palu pengesahan terkait dengan daerah otonom baru Manokwari Barat dan Kota Manokwari. Dan semua ia harapkan bisa terjadi dalam masa pemerintahannya.

Bentuk Respon Pemkab Manokwari Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Ini merupakan salah satu respon yang Bupati Manokwari Hermus Indou lakukan dalam mendengarkan aspirasi yang masyarakat berikan kepadanya.

Sehubungan dengan itu, Ketua tim intelektual percepatan pemekaran calon DOB Kabupaten Manokwari Barat Marinus Bonepay mengapresiasi respon cepat Bupati Manokwari Hermus Indou. Ia sangat mengapresiasi sikap Bupati dengan segera merespons dan mendukung aspirasi masyarakat ini.

Baca Juga : Nabire Kini Telah Memiliki 25 Dokter Spesialis

Marinus Bonepay mengatakan, bahwa tim percepatan pemekaran calon DOB Manokwari Barat dan Kota Madya Manokwari mulai menyatukan persepsi menjemput bola DOB yang digulirkan pemerintah pusat melalui revisi Undang-undang nomor 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus di Papua dan Papua Barat.

Ia juga mengatakan bahwa Tim dari Calon DOB Manokawari Barat sudah Melakukan pertemuan dengan Bupati Manokwari Hermus Indou. Pertemuan antara kedua pihak tersebut ia sampaikan guna membahas percepatan pemekaran Kabupaten Manokwari Barat dan Kota Maydya Manokwari.

“Tim dari calon DOB Manokwari Barat sudah melakukan pertemuan dengan Bupati Manokwari Hermus Indou, membahas percepatan pemekaran Kabupaten Manokwari Barat dan Kota Madya Manokwari,” ujar Marinus Bonepay.

Marinus mengatakan, calon DOB Kabupaten Manokwari Barat akan membawahi lima distrik/kecamatan di antaranya Distrik Kebar, Senopi, Amberbaken, Mubrani dan Sidey.