Pemkab Merauke Siapkan Lima Unit Rusun Untuk Penginapan Atlet
Pemkab Merauke Siapkan Lima Unit Rusun Untuk Penginapan Atlet (foto : jubi.co.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, menyiapkan lima unit rumah susun (rusun) sebagai penginapan atlet yang akan berlaga PON XX mendatang.

Dari lima unit rusun tersebut, tiga unit rusun telah rampung, dan dua unit lainnya masih dalam tahap penyelesaian. Dua unit rusun yang belum rampung, dan paling lambat bulan Juli akan tuntas.

Kelima rusun tersebut, satu unit ada di sekitar kampus Universitas Musamus (Unmus) di Kelurahan Samkai, satu unit di Pondok Pesantren (Ponpes) Kelurahan Samkai, dan satu unit di sekitar Dinas Pekerjaam Umum (PU) Merauke di Kelurahan Maro. Sedangkan dua unit rusun yang belum selesai berada di sekitar Katalpal, Kelurahan Kelapa Lima.

“Untuk dua unit rusun yang belum selesai, kini sudah mencapai 70-80 persen pekerjaan. Jadi saya meyakini sekitar Juli sudah dapat rampung,” ungkap Kepala Dinas Perumahan Kabupaten Merauke, Marthen Gana.

Gana juga mejelaskan, bahwa tiga rusun yang sudah selesai dan kini sedang instalasi listrik dan lain-lain. Termasuk juga area parkir di sekitar, termasuk jalan untuk keluar-masuk kendaraan.

“Satu unit rusun bisa menampung antara 80-150 orang. Kami bisa menjamin semua atlet dapat tertampung,” ujarnya.

Selain itu Gana juga menambahkan, telah menyiapkan sejumlah hotel untuk menampung para atlet dan official.

“Kalau untuk hotel-hotel, bukan kewenangan kami berbicara, itu ada bidang lain yang telah ditugaskan,” katanya.

Pemkab Merauke : Tiga Unit Rusun Atlet Sudah Rampung

Pelaksana Tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Merauke, Romanus Sudjatmika, membenarkan bahwa tiga unit rusun atlet sudah rampung dan siap ditempati. Hanya ada beberapa pekerjaan ringan seperti pemasangan listrik dan jalan sekitar sedang dalam pengerjaan. Ia juga memastikan bahwa bulan Juni akan selesai semua dan siap menerima para atlet.

Baca Juga : 7 Kepala Sekolah Nabire Kerap Buat Laporan Fiktif Berimbas Pemecatan

“Saya memastikan antara bulan Juni semua sudah selesai dan siap menerima para atlet yang akan berlaga di PON Papua,” katanya.

Kabupaten Merauke menjadi salah satu klaster penyelenggara PON XX Papua, selain Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Mimika.

Untuk Marauke akan mempertandingkan enam cabang olahraga, yakni babak penyisihan sepakbola, catur, silat, kempo, bulutangkis, dan motor cross.