Pemkab Paniai Berhasil Merealisasikan Program Pendidikan Unggul
Bupati Paniai, Meki Nawipa (foto : jubi.co.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai telah memberlakukan program pendidikan unggul di masa kepemimpinan Bupati Meki Nawipa dan Wakil Bupati Oktopianus Gobai. Program tersebut telah terealisasi setelah membuka salah satu sekolah unggulan di SD YPPGI Kevas Kopo, yang berlokasi di Desa Kopo, Distrik Paniai Timur.

Bupati Paniai Meki Nawipa yang ditemui beberapa hari lalu mengatakan, SD YPPGI Kevas Kopo jadi percontohan sekolah keunggulan di Paniai. Ia sendiri juga menambahkan bahwa pihaknya mengklaim sudah berhasil mengubah dunia pendidikan dalam dua tahun.

Nawipa mengaku, sewaktu ia datang ke Paniai hampir semua sekolah tidak berjalan, sama halnya dengan kesehatan. Pada saat yang sama, ia bertemu dengan seseorang bernama John, pengelola Yayasan Indonesia Cerdas. Kemudian dengan semangat yang sama untuk memacu pendidikan lebih baik lagi mereka akhirnya memutuskan melangkah bersama.

“Waktu itu saya dikenalkan dengan John yang mengelola Yayasan Indonesia Cerdas, lalu saya memanggil dia untuk membantu jalankan program pendidikan,” katanya.

Pemkab Paniai : Membina Anak Dengan Pembentukan Karakter

Ia juga menuturkan, menerapkan caranya membina anak dengan pembentukan karakter dan takut akan Tuhan.

“Sistem yang kami terapkan adalah bagaimana cara kita bina anak-anak sekolah dengan pembentukan karakter dan takut akan Tuhan. Sehingga kami mau melihat ke depan ada pemimpin-pemimpin yang muncul punya berkarakter dan takut akan Tuhan. Supaya bisa bangun negeri ini dan tolong orang-orang mereka,” ujarnya.

Baca Juga : Papua Baru Mencakup 9,19% Dalam Melakukan Penyuntikan Covid-19

Menurutnya, sekolah tersebut memiliki 300 lebih siswa dan terbagi oleh 80 persen orang asli Papua dan 20 persen adalah pendatang.

“Buktinya dalam satu kelas siswa pendatang dua atau tiga orang,” ucapnya.
Ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan ekspansi ke tempat lain untuk melakukan program aktivitas belajar dan mengajar.

“Kita ada ekspansi ke tempat lain, jadi tahun ini akan ada tujuh titik lagi. Modelnya sama, entah pembangunan gedung sekolah, pengelolaan lingkungan sekolah, penataan manajemen di dalam sekolah, program aktivitas belajar dan mengajar oleh Yayasan Indonesia Cerdas,” jelasnya.

Generasi Muda Asal Paniai Bisa Bersaing

Dengan adanya program tersebut, ia berharap generasi muda asal Paniai bisa bersaing dengan sesama pemuda lainnya di luar Paniai bahkan Papua dan Indonesia.

“Mereka ini diajarkan bisa belajar, bertumbuh dan berkembang dalam kasih Tuhan sama seperti teman-teman lainnya di luar Paniai dan Papua. Sehingga ke depan bisa menjadi pemimpin yang terbaik, dibanggakan oleh siapa pun. Itu mimpi kita bangun sekolah unggulan ini,” ujar Nawipa.

Anggota DPR RI Dapil Papua, Yan Permenas Mandenas pada kesempatan yang sama mengatakan, peningkatan pendidikan di Paniai merupakan salah satu sektor prioritas utama untuk jangka panjang.

Saya sudah dua kali ke Paniai, sekarang sudah luar biasa perkembangan pendidikan semakin maju.

“Dari sekian kabupaten di pegunungan yang kami kunjungi, Kabupaten Paniai ini satu-satunya yang cukup maju karena saya kunjungan di sini dua kali. Selain pendidikan, kita juga menjumpai transaksi ekonomi cukup tinggi di Paniai. Saya apresiasi ini,” ujar Mandenas.