Pemkab Paniai Kirim 5 Pelajar Tempuh Pendidikan di Amerika
beritapapua.id - Bupati Paniai Meki Nawipa (tengah) bersama stakeholder, tampak lima siswa berdiri di belakang usai pelepasan. (foto : istimewa)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai mengirim lima pelajar untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi Oregon State University, Amerika Serikat.

Kelima pelajar tersebut nantinya akan mengambil jurusan yang berbeda-beda ketika ketika menempuh pendidik di perguruan tinggi Oregon State University.

Bupati Paniai Meki Nawipa mengatakan kelima mahasiswa tersebut sebelumnya telah mendapatkan pengasuhan di Yayasan Pelayanan Antarbudaya (YPA-Papua). Kelima mahasiwa tersebut berada bisa di YPA-Papua melalui program Paniai Intensive Training (PAINTING) sejak 2019 lalu.

“Hari ini saya lepaskan lima siswa angkatan pertama yang diasuh oleh YPA-Papua. Kelima siswa ini akan kuliah di Oregon State University Amerika Serikat,” ujar Bupati Paniai Meki Nawipa, kepada Jubi melalui telepon selulernya, Jumat (6/8/2021).

Kelima calon mahasiswa itu di antaranya Melkias Gobay mengambil jurusan Plantation (Perkebunan), Irneka Kudiai jurusan Internasional Business (Bisnis Internasional), Jackline A Gobai jurusan Pharmacy (Farmasi), Seatiel Gobai (bisnis administrasi) dan Michael Bunai jurusan Agriculture (Pertanian).

Menurut Bupati Meki, Pemda Paniai akan berkomitmen memproduksi sumber daya manusia (SDM) yang andal demi masa depan daerah tercinta.

“Pemda Paniai bayar penuh empat tahun. Kita mau mereka sekolah bagus di Amerika. Pemda Paniai di pemerintahan saya berkomitmen akan membiayai penuh,” ujar Nawipa.

Ia menargetkan tahun 2022 dan 2023 pihaknya menuntaskan semua biaya kuliah, biaya hidup dan lainnya. “Pokoknya biaya kuliah, biayai hidup dan lainnya selama empat tahun di Amerika kami tanggung jawab penuh,” ucapnya.

Membangun SDM Asli Papua dari Pania

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Paniai Andreas Degei, mengatakan dalam program ini pihaknya mulai berupaya untuk membangun SDM asli Papua dari Paniai.

Oleh karena itu demi mewujudkan hal tersebut, ia akan terus memfasilitasi pelajar yang ingin mengeyaman pendidikan di dalam negeri maupun luar negeri di Amerika, Eropa, Australia, dan Asia.

Baca Juga : Bupati Fakfak Ikut Selesaikan Masalah Pengunduran Diri 2 Dokter RSUD

“Mereka juga dibina untuk membangun karakter. Kita harapkan dengan pembinaan ini, para pelajar OAP bisa beradaptasi di Amerika dengan budaya di sana, serta mampu menyelesaikan studi tepat waktu sehingga bisa kembali ke tanah air untuk membangun daerah,” kata Degei.

Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan YPA-Papua guna menyiapkan SDM untuk kuliah di mana saja. Agar nantinya anak-anak Papua bisa memiliki potensi yang luar biasa dan mengambil program studi yang sangat dibutuhkan.

“Terima kasih kepada YPA-Papua sudah siapkan anak-kami kami. Hari ini kita lepaskan,” katanya.

Ketua YPA Papua, Ayub N. Fouw, mengatakan sesuai perjanjian dengan Pemkab Paniai maka diwujudkanlah dalam setahun menyiapkan lima orang siswa yang segera kuliah di Amerika.

“Kami sudah siapkan, dan terima kasih Pemda Paniai sudah percayakan YPA untuk membina dan menyiapkan anak-anak Paniai,” katanya.