Pemkab Puncak Beri Perlindungan Kesehatan 12 Ribu Penduduknya
beritapapua.id - Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik bersama Kepala Cabang BPJS Jayapura, Djamal Adiansyah, saat menandatangani perpanjangan Nota kesepakatan. (dok. BPJS Jayapura)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak, Provinsi Papua menjamin kesehatan bagi 12 ribu penduduknya. Hal ini terlihat dari langkah Pemkab Puncak yang melalukan penandatanganan perpanjangan Nota Kesepakatan Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda tahun 2022 dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura.

Penandatangan perpanjangan Nota Kesepakatan tersebut Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik lakukan di Kantor Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Sabtu (4/12/2021).

Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik menjelaskan bahwa perpanjangan Nota Kesepakatan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyrakat demi mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

“Terima kasih atas hubungan yang baik terjalin selama ini antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Puncak sehingga dapat membantu masyarakat kami dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik di Papua maupun di luar Papua,” ujar Wandik.

Wandik berharap pemanfaatan layanan Program JKN-KIS ini ke depannya akan lebih baik. Pasalnya, rumah sakit Kabupaten Puncak sudah bisa dan bisa bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Sehingga biaya operasional yang selama ini digunakan untuk pasien ke rumah sakit bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya,” ujar Wandik.

Tahun Keempat Kerjasama Antara BPJS Dengan Pemkab Puncak

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah menyampaikan bahwa ini merupakan tahun ke-4 kerja sama dengan Pemkab Puncak.

“Kami sangat mengapresiasi karena telah ikut berperan aktif dalam mendukung terselenggaranya Program JKN-KIS khususnya di Kabupaten Puncak,” ujar Djamal.

Baca Juga: Kebakaran Terjadi di Dua Lokasi Berbeda Kota Jayapura

Djamal mengatakan konsisten tersebut guna dalam memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap implementasi Program JKN-KIS di Kabupaten Puncak. Dengan adanya penandatangan nota kesepakatan ini juga rencananya akan ada penambahan jumlah peserta di tahun 2022. Tambahan jumlah peserta tersebut akan menjadi 12.000 jiwa yang sebelumnya adalah 11.111 jiwa.

“Semoga komitmen Pemkab Puncak dapat berlanjut menjadi inspirasi serta motivasi bagi pemerintah daerah lainnya di Papua, yang sudah maupun yang akan melanjutkan Jamkesda di tahun 2022,” ujar Djamal.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura juga menyerahkan plakat penghargaan kepada Bupati Kabupaten Puncak. Penyerahan plakat penghargaan ini merupakan bentuk aspresiasi kepada pemerintah daerah dari BPJS.