Pemkab Puncak Menggelar Musrenbang RKPD Tahun 2023 di Timika
beritapapua.id - Pemkab Puncak, menggelar musyawarah rencanca kerja pemerintah daerah tahun 2023. (Dok. Diskominfo Puncak)

Pemerintah Kabupaten Puncak menggelar musyawarah rencana kerja pemerintah daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2023 yang berlangsung di Timika, Selasa (22/03/2023). Pada pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2023 mengusung tema “Pengembangan ekonomi berbasis potensi local”.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Puncak Willem Wandik,SE.M.Si berkesempatan untuk membuka pelaksanaan Musrenbang RKPD Puncak 2023.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2023 tidak digelar di Ilaga Ibukota Kabupaten Puncak seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena ada beberapa pertimbangan keamanan sehingga pelaksanaan Musrenbang RKPD 2023 berlangsung di Kota Timika Kabupaten Mimika.

Bupati Puncak Willem Wandik dalam sambutannya menegaskan semua usulan program harus mengacu pada RPJMD Kabupaten Puncak tahun 2018-2023. Dan usulan program harus sesuai dengan kebutuhan dan manfaat bagi masyarakat. Terlebih harus bisa sinkronisasi dan harmonisasi dengan pemerintah pusat.

“Untuk itu saya meminta kepada pimpinan OPD dalam menyusun program kegiatan menyesuaikan dengan program pusat atau kementerian sehingga akan sama dengan kegiatan kita usulkan dan bisa muncul, sehingga kegiatan bisa dianggaran atau dibiayai oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Kewenangan Untuk Satu Tahun Mendatang

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Paniai, Dance Gobai, musrenbang tingkat distrik merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan. Pasalnya momen tersebut menjadi skala pelayanan atau kewenangan distrik untuk satu tahun mendatang.

“Musrenbang tingkat distrik merupakan satu tahapan yang penting dari beberapa tahapan ada setelah musrenbang tingkat kampung. Hari ini kami telah melaksanakan musrenbang tingkat distrik dan kami hadir sebagai tenaga asistensi dari Bappeda. Sehingga dalam arahan kami lebih fokus pada tiga bidang yaitu ekonomi, sosial budaya, dan infrastruktur menjadi prioritas utama sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Paniai periode 2018-2023,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Paniai, Dance Gobai.

Baca Juga: Kecelakaan Berujung Maut Terjadi di Merauke Tewaskan 2 Orang

Ia mengharapkan kepada semua kepala distrik harus mengawal bersama-sama, salah satunya mendekati para anggota DPRD setempat agar bisa menyampaikan dalam pandangan fraksi ketika sidang dewan.

“Semua usulan tadi kepada para kepala distrik bersama kami Bappeda tetap kawal, dan akan kami diskusikan dalam forum OPD pada tahap selanjutnya,” katanya.

Kepala Distrik Paniai Timur, Alfred Yogi mengatakan, pihaknya berkomitmen mengawal bersama-sama agar program prioritas distrik yang bisa masuk dalam RKPD 2023.

“Apapun yang kami usulkan dari kampung hingga distrik, kami komitmen untuk bersama sesuai prosedur pada tahun 2023 mendatang,” kata Yogi.