Pemkab Teluk Wondama Berikan Bantuan Kepada Pasien COVID-19
beritapapua.id - ilustrasi sembako. (foto : istimewa)

Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat memberikan bantuan sosial kepada pasien Covid-19 berupa bahan makanan. Bantuan bahan makan tersebut diberikan kepada 135 pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama dalam membantu warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. Hal ini juga bertujuan agar warga pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri tidak keluar untuk membeli bahan makanan.

Jika warga yang sedang melakukan isolasi mandiri kekurangan bahan makanan, itu akan membuat warga terpaksa untuk keluar untuk membeli bahan makanan. Dan hal itu bisa membahayakan bagi warga lainnya yang berada pada area pemukiman warga tersebut.

Kepala Dinas Sosial yang juga Koordinator Seksi Logistik Satgas Covid-19 Teluk Wondama Eka Wosiri di Wasior, Senin, mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan bahan makanan kepada 135 warga yang sedang isolasi mandiri.

Ia mengatakan pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri itu, tersebar pada tiga distrik atau kecamatan, yakni Wasior, Wondiboi, dan Rasiei.

Dia menjelaskan nilai bantuan bahan makanan bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri sebesar Rp400.000 per kepala keluarga.

Warga Juga Dapatkan Bantuan Uang Tunai

Setiap warga yang melakukan isolasi mandiri juga akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp200.000. Bantuan itu telah berlangsung sejak 19 Juli 2021.

Eka menyebut bantuan tersebut hanya untuk warga yang melakukan isolasi mandiri sesuai dengan rekomendasi dari Tim Kesehatan Satgas Covid-19.

Baca Juga : Gubernur Lukas Enembe Luncurkan Tiga Buku Terkait Kondisi Papua

Dalam penyaluran bantuan tersebut, Dinas Sosial akan mendapatkan bantuan dari petugas keamanan dari TNI dan Polri. Selain itu nantinya BPBD, Dinas Perhubungan, serta beberapa OPD terkait juga akan turut membantu.

‚ÄúTotal bantuan yang disiapkan tim logistik sebesar Rp193 juta. Dan ketika ada rekomendasi dari Tim Kesehatan Satgas Covid-19 langsung disalurkan,” ujarnya.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan setiap warga yang melakukan isolasi mandiri akibat terinfeksi Covid-19 mendapatkan bantuan bahan makanan.

“Tujuannya agar mereka tidak harus keluar rumah untuk membeli bahan makanan maupun misalnya mencari makan di warung makan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” kata dia.