Pemkab Yahukimo Memberlakukan Karantina Wilayah
beritapapua.id - Ilustrasi karantina wilayah. (foto : istimewa)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo akan mulai memberlakukan karantina wilayah atau lockdown mulai Rabu, 28 Juli 2021.

Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram mengatakan penerapan pembatasan aktivitas keluar masuk kota Dekai, Kabupaten Yahukimo mulai berlaku saat muncul 12 kasus positif Covid-19 sejak awal Juli 2021.

Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram mengatakan mengatakan selama ini Kabupaten Yahukimo merupakan zona hijau Covid-19.

Namun temuan 12 kasus baru membuat situasi berubah. Dari catatan Satgas, terdapat 12 kasus dan 1 pasien Covid-19 meninggal dunia. Dan ada 4 pasien yang sembuh dan pulang, 7 orang masih dalam proses pengobatan di rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dekai.

“Saya baru pantau dan kita punya ruangan di sana terbatas, yang ada hanya 8 ruangan, Jadi 7 terpakai tinggal satu. Dan kami sudah mengantisipasi. Kami kerjasama dengan TNI untuk mereka membantu kami APD dan maupun tenda apabila terjadi pembludakan pasien (positif korona) rawat di situ,” kata Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram saat ditemui Jubi di Yahukimo.

Wakil Bupati mengatakan penerapan penutupan wilayah Yahukimo akan berlaku hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Jika jumlah kasus menurun, akan ada opsi pembukaan kembali dari Pemkab Yahukimo.

“Jadi kami juga sudah tertibkan di Bandara, setiap orang yang berangkat harus rapidtestnya di Bandara. Kalau (Rapidtest) di luar kami tidak bisa pantau. Jika pemeriksaan reaktif kami bisa anjurkan untuk isolasi mandiri (Isoman) atau kita perlu tangani misalnya gejala sakitnya berat,” tuturnya.

Pemkab Yahukimo Bentuk Tim Gugus Tugas Penanganan Pandemi

Wakil Bupati juga menjelaskan pihaknya telah membentuk tim gugus tugas untuk penanganan pandemi. Sebagai Ketua Tim Gugus adalah Bupati Didimus Yahuli.

Ia menuturkan opsi Lockdown ini meliputi keluar masuk pesawat penumpang dan Kapal jalur sungai dari dan ke Dekai Yahukimo-Jayapura, Yahukimo-Timika, Yahukimo-Asmat, Yahukimo-Pegunungan Bintang, Yahukimo-Wamena, Yahukimo-Nduga.

Baca Juga : Bupati Manokwari Klarifikasi Hoax Kematian Gubernur Papua Barat

“Kami mulai tanggal 28 Juli lakukan Lockdown. Tapi pesawat cargo tetap akan diizinkan pelayanannya. Jalur laut kapal penumpang tidak bisa masuk, tetapi kapal barang akan kami izinkan untuk masuk,” kata Wakil Bupati Yahukimo.

Waktu Pembatasan Jual Beli

Sedangkan Pemerintah kabupaten Yahukimo juga telah mengeluarkan surat edaran untuk pembatasan jual beli sampai jam 18.00 WIT. Dan untuk kembali buka akan mulai pada pukul 5.00 WIT.

“Kami semua tim gugus tugas (Covid-19) mulai lakukan upaya-upaya penanganan strategis yaitu baik itu mereka yang ada di rumah sakit dan juga tentunya kami lakukan di rumah-rumah, di kompleks turun Rapidtest supaya kami ketahui dan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona ini kepada Masyarakat di sini,” beber Miram.

Pelaksana Harian Bandara Nop Goliat Dekai, Agustinus Felle mengatakan pihak bandara tetap mengacu pada surat edaran pemerintah daerah.

“Mulai tanggal 28 Juli 2021 kami tidak melayani penumpang antara kabupaten tetapi untuk Cargo saja,” kata Agus Felle kepada Jubi di Bandara Nop Goliat, Rabu (28/7/2021).