Pemkot Ambon Batasi Waktu Operasional Supermarket dan Warkop
beritapapua.id - Pemkot Ambon Batasi Waktu Operasional Supermarket dan Warkop - beritabeta

Pemkot Ambon Batasi Waktu Operasional Supermarket dan Warkop – Social distance atau menjaga jarak saat bersosialisasi menjadi cara yang dianggap penting selain cuci tangan untuk mencegah Covid-19 akibat virus corona.

amun apa sebenarnya social distance? praktik kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dekat dengan orang sehat untuk mengurangi peluang penularan penyakit. Ini dapat mencakup langkah-langkah skala besar seperti membatalkan acara kelompok atau menutup ruang publik, serta keputusan individu seperti menghindari keramaian.

Penelitian telah menemukan bahwa SARS-CoV-2, nama resmi untuk virus corona yang menyebabkan pandemi saat ini, menyebar lewat droplet atau ludah dan secara prospektif dapat tetap mengudara hingga tiga jam setelah seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Studi lain telah menyimpulkan bahwa coronavirus dapat tetap hidup di permukaan mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Baca Juga: Kembang Gembos Nama Ganjar Pranowo di Kasus E-KTP

Upaya Menghentikan Penyebaran Corona Virus oleh Pemkot Ambon

Sebagai upaya menghentikan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Ambon, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mulai membatasi waktu operasional bagi supermarket, swalayan, toko modern maupun warung kopi (warkop).

Pembatasan waktu operasional tersebut mulai berlaku besok, Minggu (05/04/2020) yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Walikota Ambon Nomor 443/11/SE/2020 tertanggal 4 April 2020.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengakui, pembatasan ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Ambon.

“Iya,Benar. Surat Edaran itu berlaku mulai besok tanggal 5 April,” kata Walikota.

Dalam surat edaran itu, dijelaskan, seluruh toko modern, swalayan, supermarket, Indomaret, Alfamidi serta Indogrosir termasuk juga cafe dan rumah kopi, dibatasi waktu operasionalnya. Pembatasan ini dimulai jam 09.00 WIT s/d jam 20.00 WIT, sedangkan khusus terhadap karaoke dan bioskop, untuk sementara ditutup sampai ada pemberitahuan untuk operasional.

Untuk Indomaret, Indogrosir dan Alfamidi yang operasional 24 jam, dimintakan hanya mengaktifkan 2 gerai per kecamatan setelah jam 20.00 WIT dan diatur oleh manajemen perusahaan. Selain itu, antrian lokasi belanja juga dibuat jarak 1,5 meter antar pembeli. Kemudian lokasi-lokasi tersebut wajib menyiapkan wastafel di depan pintu masuk.