Pemkot Jayapura Akan Kembali Berlakukan Pembatasan Aktivitas Masyarakat
beritapapua.id - Ilustrasi Jl raya Abepura-Sentani Kota Jayapura Lenggang. (Foto: Antara)

Angka kasus aktif Covid-19 terus meningkat, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura kembali memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakat. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemkot Jayapura dalam meminimalisasi lonjakan kasus penularan virus Covid-19.

Penjabat Walikota Jayapura, Frans Pekey mengatakan bahwa berdasarkan data dari satuan tugas (Satgas) Covid-19 setempat per 18 Agustus 2022 kasus aktif pasien Covid-19 sebanyak 160 pasien.

Dari 160 orang yang terinveksi, sebanyak 34 pasien menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan 126 orang lainnya dengan gejala ringan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Namun dalam pemantauan petugas dari 14 Puskesmas di Kota Jayapura.

“Oleh karena itu, berdasarkan keputusan bersama dalam rapat bersama OPD dan Forkompinda telah menyepakati untuk melakukan pembatasan waktu. Yang mana pembatasan aktivitas masayarakat mulai dari jam 06.00 – 24.00,” terang Pekey.

Ia juga menyebutkan bahwa Satgas akan membatasi kapasitas orang dalam melakukan peribadatan, tempat rekreasi, acara resepsi pernikahan, dan juga ibadah-ibadah panguyuban atau pertemuan serta kegiatan organisasi kemasyarakatan lainnya dibatasi hanya 75 persen dari jumlah tempat atau ruangan yang dipakai.

“Untuk proses belajar mengajar tetap melakukan tatap muka atau offline. Kecuali sekolah yang ditemukan kasus baru, akan dilakukan proses belajar mengajarnya secara online,” tandas Pekey, Jumat (19/8/2022).

Mengikuti Vaksinasi

Selain itu, ia juga menghimbau kepada seluruh ASN Pemkot Jayapura, baik perawat, guru wajib melakukan vaksinasi. Karena kita wajib menjadi contoh kepada masyarakat di Kota Jayapura.

“Kepada masyarakat, tetap menjaga protokol kesehatan. Dan yang belum vaksin agar segera divaksinasi, karena dengan vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus cobid-19,” ujarnya.

Baca Juga: Menjelang Laga Perdana Liga 2, Persipura Siap Tempur!!

Ia menambahkan bahwa dengan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik akan memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo menambakan data covid Kota Jayapura sampai hari ini ada 160 orang yang terinveksi virus Covid-19.

Untuk itu Rollo menghimbau kepada masyarakat kota agar dapat memperhatikan protokol kesehatan, dengan cara mengunakan masker saat beraktifitas, memakai handsanitaiser, dan juga jangan berkerumun, pungkasnya.