Pemkot Jayapura Berikan Izin Masyarakat Salat Idul Fitri
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, saat menyapa tamu buka puasa bersama forkopimda (foto : jubi.co.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua, mengizinkan umat Islam menggelar salat Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 Masehi. Namun tidak semerta-merta mengizinnya begitu saja. Masyarakat yang ingin menggelar salat Idul Fitri harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Mulai sekarang sudah harus susun rencana dimana saja tempat-tempat pelaksaan salat Idul Fitri, baik di masjid atau tempat terbuka,” ujar Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (23/4/2021).

Tomi Mano juga mengimbau masyarakat dalam pelaksanaan salat harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu ia maksud dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, mengecek suhu tubuh setiap jemaah, dan membatasi jumlah jemaah.

“Yang lain bisa melaksanakan salat Idul Fitri di rumah secara live streaming. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Tomi Mano.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri Akan Ada Penjagaan Ketat Terkait Protokol Kesehatan

Tomi Mano mengatakan, saat pelaksanaan salat Idul Fitri di masa pandemi covid-19 harus ada penjagaan ketat sehingga warga mentaati protokol kesehatan. Hal tersebut demi memutus penyebaran covid-19 di ibukota Provinsi Papua ini.

“Untuk itu kita sama-sama duduk untuk membahas tempat-tempat pelaksanaan salat Idul Fitri. Harus ada komitmen bersama dengan mengikuti protokol kesehatan. Kalau tidak, kami tidak tidak izinkan,” ujar Tomi Mano.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan memberlakukan izin pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid dan tempat terbuka berdasarkan perkembangan dan situasi penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura.

Baca Juga : Warga Distrik Kuri Wamesa Berharap PLTS Segera Beroperasi

“Tingkat kesembuhan pasien covid-19 sudah mencapai 96 persen. Begitu juga angka harian paparan covid-19 sudah menurun dari 30 orang per hari. Sekarang rata-rata enam orang yang terpapar, yang sembuh 35-40 orang,” ujar Rustan.

Ia juga menambahkan, perkembangan dan situasi penyebaran covid-19 di Kota Jayapura cukup baik dan perlu mempertahankannya guna mempercepat memutus penyebaran covid-19.

Karena untuk tingkat kesembuhan pasien covid-19 terus meningkat dan angka orang yang terpapar harian juga sudah menurun.

“Saya minta warga tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menjaga iman dan imun tubuh agar tidak mudah tertular Covid-19,” ujar Rustan.