Peringati HUT ke-77 RI, Pemkot Jayapura Berikan Penghargaan Kepada WP
beritapapua.id - Pj. Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M, Si saat memberikan piagam penghargaaan kepada Ouner Saga Mal Abeputa, Gary Marcelino Pirono. (Foto: Istimewa)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memberikan reward kepada para Wajib Pajak (WP) yang patuh dalam melaksanakan kewajibannya.

Penyerahan reward berlangsung setelah usai upacara peringatan HUT RI yang ke-77 Jayapura di lapangan GOR Herman Rollo, Rabu (17/8/2022).

Penjabat (Pj) Wali Kota, Dr. Frans Pekey memberikan piagam penghargaaan kepada 30 WP di wilayah itu.

“Jadi, turut memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 pemerintah kota dalam hal ini Bapenda memberikan penghargaan kepada 30 wajib pajak,” terang Penjabat (Pj) Kepala Bapenda, Ali Mas‘ Udi.

Ia menyebutkan pihaknya terus melakukan evaluasi terkait tingkat kepatuhan, ketaatan dan kejujurannya WP. Selanjutnya, pihaknya juga melakukan survey dan evaluasi kepada para wajib pajak dan kita berikan ada empat jenis wajib pajak.

“Seperti pajak hotel, hiburan, restoran dan pajak bumi dan bangunan (PBB). Masing-masing jenis wajib pajak, 6 orang dan total seluruh ada 30 WP yang kita berikan penghargaan,” jelas Mas’ Udi.

Menurutnya, para WP adalah mitra Pemerintah Kota dalam memungut pajak, maka ini adalah wujud apresiasi Pemkot Jayapura.

Pemberian Penghargaan Kegiatan Tahunan

Ia juga mengatakan bahwa setiap tahun pihaknya selalu memberikan penghargaan kepada Wajib Pajak di wilayah itu. Namun dua tahun kebelakang pemberian penghargaan ditiadakan karena terhalang pandemi Covid-19.

Mas’ Udi menekankan, dengan diberikan penghargaan kepada masing-masing wajib pajak, diharapkan WP yang lain bisa termotivasi, tergugah bahwa penghargaan ini adalah suatu prestasi karena kedisiplinan, kepatuhan dan kejujuran, seraya berharap wajib pajak yang lain bisa seperti mereka.

Baca Juga: Dalam Memperingati HUT ke-77 RI, Kemenkumham Berikan Remisi Kepada Narapidana di Lapas Merauke

“Pajak adalah merupakan kewajiban yang sifatnya tidak memaksa. Apalagi pajak hotel dan restoran itu dibayar oleh pengunjung atau konsumen, jadi pengusaha hanya memungut dan menyetorkan kepada Pemerintah Kota melalui Bapenda,” ujarnya.

Ia berharap, para wajib pajak yang lain bisa termotivasi untuk mendapat penghargaan di tahun-tahun berikutnya.

Berikut adalah beberapa kategori wajib pajak yang mendapat penghargaan dari pemerintah kota.

Untuk kategori adalah Hotel yaitu, Swiss-Belhotel Papua, Hotel Mercure Jayapura, Hotel Aston dan Hotel Horison Jayapura.

Sedangkan Restoran yaitu, Pizza Hut, Dunkin Donuts, KFC Abepura, Rumah Makan Boluta Hamadi, Rumah Makan Wong Solo, Rumah Makan Damai, Rumah Makan Berdikari, Rumah Makan Sendok Garpu, WM Asih dan WM Yanikmah.

Untuk kategori PBB yaitu, Rumah Sakit Provita, Bank Indonesia, PT. Pertamina, Mall Matahari, Boni Pirono, SPBU Ale-Ale dan Hotel Grand Abe.

Sedangkan Vendor Reklame yaitu, PT. Adi Kartika Jaya, CV Taka Karya Abadi, dan CV Sejahtera dan WP Hiburan, XX1 Jayapura, Blue Angels Club, D’ Light SPA, GYM dan Healt Club.