Pemkot Jayapura Diminta Memperketat Protokol Kesehatan
Beritapapua.id - Pemkot Jayapura Diminta Memperketat Protokol Kesehatan - Pemkot Jayapura

Pemkot Jayapura Diminta Memperketat Protokol Kesehatan – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua diminta segera menertibkan dan memperketat protokol kesehatan (prokes) di tempat-tempat rekreasi, salah satunya adalah di pantai. Hal ini disampaikan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Mengutip dari Jubi, Ketua Klasis Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Pendeta Moses Pulalo, meminta penertiban Protokol Kesehatan pada sepanjang jalan mulai dari Pantai Hamadi, Jembatan Youtefa, sampai Pantai Holtekamp yang menjadi tempat berkumpulnya warga.

Menurut Pendeta Moses, pantai merupakan tempat rekreasi yang dimanfaatkan warga untuk menikmati keindahan alam. Namun di tengah pandemi Covid-19 saat ini, wisata pantai dinilai sangat rawan terhadap penyebaran Covid-19. Karena sebagian besar pengunjung tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan memakai masker.

“Penertiban ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 maka harus dilakukan pengawasan. Sa (saya) jaga ko (kamu), ko jaga sa. Menyelamatkan diri sendiri, sehingga bisa menjaga kesehatan orang lain juga,” ujar Moses Pulalo di Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Rabu (4/11/2020).

Pulalo berharap Pemerintah Kota Jayapura dapat melakukan evaluasi terkait pembukaan tempat wisata pantai. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

“Saya harap masyarakat juga mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Kalau kita tidak sadar, maka virus ini tidak akan pernah hilang. Untuk itu, mari saling memiliki rasa tanggung jawab memutus penyebaran Covid-19,” lanjut Moses Pulalo.

Baca Juga: Habib Rizieq Akan Pulang Pada 10 November 2020

Pemkot Jayapura Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Pemkot Jayapura Diminta Memperketat Protokol Kesehatan
Beritapapua.id – Pemkot Jayapura Diminta Memperketat Protokol Kesehatan – Jubi

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan banyaknya kunjungan warga ke pantai terjadi seiring dengan dilonggarkannya berbagai aktivitas termasuk di objek wisata pantai.

“Kami selalu berpesan agar new normal di tengah pandemi Covid-19 ini harus selalu wajib mematuhi protokol kesehatan. Kami tindaklanjuti lagi penanganan protokol kesehatan di pantai. Semua ini kami lakukan agar masyarakat Kota Jayapura sehat sehingga bebas melakukan aktivitas tanpa ada hambatan atau gangguan dari wabah Covid-19,” kata Rustan.

Menurut Rustan, bila masyarakat tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.