Pemkot Jayapura Izinkan Warga Gelar Salat Idul Adha di Masjid
beritapapua.id - Ilustrasi salat idul adha. (foto : istimewa)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua, mengizinkan umat Islam menggelar salat Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi dilaksanakan di masjid.

Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano juga telah mengkonfirmasi hal tersebut ketika berada di Kantor Wali Kota Jayapura pada, Selasa (13/7/2021).

Ia mengatakan bahwa masyarakat telah mendapatkan izin untuk melaksanakan salat Idul Adha di Masjid. Namun ia juga menegaskan masyarakat mendapatkan izin dengan adanya catatan yaitu dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk itu akan ada pengawasan terkait dengan protokol kesehatan di Masjid yang menggelar salat Idul Adha. Hal ini untuk mencegah adanya klaster baru penyebaran Covid-19.

“Saya minta ini dilakukan pengawasan agar tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selaku Pemkot Jayapura, Tomi Mano mengatakan umat Islam yang melaksanakan salat Idul Adha di masjid harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, mengecek suhu tubuh setiap jemaah, dan membatasi jumlah jemaah.

“Maksimal 25 persen dari daya tampung yang tersedia. Yang lain bisa melaksanakan salat Iduladha di rumah secara live streaming,” ujar Tomi Mano.

Baca Juga : Papua Barat Tidak Akan Kekurangan Bahan Pokok Selama PPKM

Tomi Mano berharap harus ada komitmen dari setiap takmir atau pengurus masjid dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga jemaah sehat dan terhindar dari paparan Covid-19.

“Khusus di bulan Juli ini saja. Saya mohon kerja samanya supaya kita bisa menekan penyebaran Covid-19 ini. Jangan sampai kita semua lengah supaya kita bisa kembali hidup normal tanpa ada gangguan Covid-19,” ujar Tomi Mano.

Pemkot Jayapura : Tetap Jalankan Protokol Kesehatan Ketat

Tomi Mano menambahkan agar melakukan sosialisasi PPKM mikro darurat ini agar masyarakat taat dan menjalankan protokol kesehatan serta mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI Papua, Zulham Ma’mun, menyampaikan rasa terima kasihnya atas diizikannya pelaksanaan salah Iduladha di masjid.

“Kami lakukan pengawasan dan mengingatkan kepada setiap jemaah untuk menerapkan protokol kesehatan sehingga memutus penyebaran Covid-19 di masyarakat,” ujar Zulham.

Zulham berharap warga di ibukota Provinsi Papua ini memiliki rasa bertanggung jawab untuk bersama-sama melawan Covid-19 sehingga aktivitas di rumah ibadah kembali normal tanpa ada pembatasan aktivitas.