Pemkot Jayapura : Jangan Konvoi Walau Jagoan Menang Euro Cup
beritapapua.id - Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano akan ambil tindakan tegas bagi yang konvoi (foto : jubi)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua, mengimbau warga agar tidak euforia merayakan pemenang Piala Eropa karena masih pandemi Covid-19.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menyampaikan bahwa imbauan tersebut untuk mencegah warga agar tidak melakukan konvoi.

“Hal ini dilakukan agar mencegah penyebaran Covid-19 karena melakukan konvoi keliling kota merayakan kemenangan dari negara yang difavoritkan,” ujar Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, di Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Sabtu (26/6/2021).

Menurut Tomi Mano, mencegah penyebaran Covid-19 merupakan tanggung jawab semua orang yang tinggal di ibukota Provinsi Papua itu. Dan untuk itu harus adanya kerjasama agar pandemi segera berakhir sehingga aktivitas kembali normal.

“Saya minta warga kota tidak berkonvoi, berkeliling tidak pakai masker. Untuk merayakan negara yang keluar sebagai pemenang juga bisa terjadi miras dan tumpukan orang,” ujar Tomi Mano.

Pemkot Jayapura : Akan Ada konsekuensi Bagi Yang Melanggar

Oleh karena itu, Tomi Mano menegaskan bila ada warga yang tidak mendengarkan larangan dari Pemkot Jayapura, maka warga tersebut akan menerima konsekuensi yang ada ketika melanggar larangan tersebut.

“Kami sudah koordinasi dengan Pak Kapolsek agar bisa membubarkan dan menjatuhkan tilang bagi mereka yang melanggar. Kita harus menjaga agar Covid-19 tidak semakin meningkat, apalagi Kota Jayapura sudah mempersiapkan diri untuk menyambut PON,” ujar Tomi Mano.

Baca Juga : NPC Papua Incar Medali Emas Namun Masih Kekurangan Atlet

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan angka harian Covid-19 mulai meningkat. Bila Mei hanya 6-9 orang terpapar, namun Juni naik menjadi 27 per hari.

Untuk itu ia mengatakan kepada warga agar tetap mematuhi imbauan dari pemerintah.

“Saya minta warga mematuhi imbauan pemerintah karena ini demi kesehatan dan keselamatan kita semua. Pemkot Jayapura selalu menjaga warganya agar tetap sehat, terutama dalam situasi pandemi Covid-19 ini agar tidak terpapar,” ujar Rustan.

Rustan berharap agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan dimanapun beraga agar tidak terpapar Covid-19, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengurangi aktivitas fisik di luar rumah, menjauhi kerumunan, dan meningkatkan imun tubuh.