Pemkot Jayapura: Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Mulai Meningkat
beritapapua.id - Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru. (foto: Tribunnews)

Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua mengklaim tingkat kesembuhan pasien Covid-19 mulai meningkat. Hal ini juga terlihat dari hasil R0/Rt sebesar 0,4 persen pada Agustus, yang sebelumnya 1,38 persen pada bulan Juli.

“Selama Agustus ini, pasien Covid-19 yang sembuh rata-rata 100 orang ke atas,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (26/8/2021).

Rustan menilai tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Jayapura bisa meningkat karena imunitas warga semakin terjaga. Hal ini juga menjadi salah satu keberhasilan pemerintah dalam memberikan pelayan kesehatan secara maksimal.

“Data kumulatif yang dirawat pada 23 Agustus sebanyak 1.885 orang. Namun pada 25 Agustus turun menjadi 1.695. Ini kabar baik, semoga semakin banyak pasien yang sembuh,” ujar Rustan.

Ia mengatakan meningkatnya kesembuhan pasien Covid-19 di wilayah itu juga terlihat dari menurunnya pasien yang datang ke tujuh rumah sakit rujukan.

“Tujuh rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan dan isolasi pasien Covid-19 yang menyediakan tempat tidur atau bed occupation rate atau BOR sudah turun di angka 40 persen,” ujar Rustan.

Baca Juga : Dinkes Papua Menggelar Vaksinasi di Tiga Tempat Berbeda

Namun, Rustan tetap berharap masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan selam pandemi masih ada. Karena menurutnya dengan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan bisa mempercepat memutus penyebarannya di masyarakat.

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tetap mengurangi aktivitas di luar rumah tidak tidak ada keperluan mendesak.

Melakukan Pemantauan Pasien Covid-19, Testing, dan Tracing

“Kami terus melakukan testing dan tracing sehingga angkanya turun. Pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, kurangi aktivitas di luar rumah, supaya tidak tertular virus korona,” ujar Rustan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 meningkat karena petugas kesehatan rutin memantau kesehatan pasien, termasuk pemberian vitamin dan penguatan rohani.

“Pasien Covid-19 mendapatkan penanganan dengan baik sehingga angkanya terus menurun. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan supaya terhindari dari Covid-19,” ujar Antari.

Antari menambahkan kumulatif pasien Covid-19 di Kota Jayapura hingga 25 Agustus 2021 sebanyak 12.961 orang, sembuh 10.735 orang, meninggal 261 orang, dan yang sedang menjalani perawatan sebanyak 1.695 orang.