Pemkot Jayapura Waspadai Penyebaran Virus Covid-19 Varian Baru
beritapapua.id - Ilustrasi mesin Genome Sequencing Covid-19, mesin pendeteksi virus varian Covid-19. (foto: MNC Media)

Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua, mulai mewaspadai adanya penyebaran Covid-19 varian baru yaitu AY.4.2 yang sudah menyebar di Singapura dan Malaysia.

Hal ini juga upaya untuk melakukan pencegahan sejak dini dalam menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

dr. Ni Nyoman Sri mengatakan pemerintah Kota Jayapura sudah mulai mewaspadai virus Covid-19 varian baru agar tidak menimbulkan klaster baru.

“Kami mulai waspadai, apalagi ini menjelang libur Natal dan Tahun Baru sehingga tidak menjadi klaster baru,” ujar dr. Ni Nyoman Sri Antari, Kamis (18/11/2021).

Antari menjelaskan bahwa Pemerintahan Kota Jayapura meningkatkan kewaspadaan tersebut melalui pengawasan mobilitasi tempat tujuan destinasi wisata, bila nantinya warga ingin berlibur ke Kota Jayapura saat pergantian tahun atau Natal.

Untuk itu ia juga mengajak masyarakat untuk tetap menggunakan masker dengan baik saat berada di luar rumah.

“Tetap waspada saja. Masyarakat tetap menggunakan masker, karena merupakan satu-satunya pelindung diri yang efektif selama ini dari paparan virus korona. Saya minta jangan kendor menggunakan masker dimanapun berada,” ujar Antari.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Selain menggunakan masker, Antasari juga mengimbau kepada warga agar tetap waspada dengan penyebaran virus korona baru. Hal ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menajaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengurangi aktivitas di luar rumah, dan menjaga kesehatan.

Baca Juga: Tingginya Kasus HIV/AIDS, Keselamatan Perempuan Papua Terancam

“Angka kasus Covid-19 saat ini cenderung melandai tapi jangan sampai membuat kita merasa aman dari penyebaran virus ini. Walapun virus korona varian baru ini belum terdeteksi di Indonesia, kita harus tetap waspada,” ujar Antari.

Antari menambahkan kumulatif positif Covid-19 di Kota Jayapura sebanyak 12.974 orang, sembuh 12.698 orang, meninggal 270 orang, dan sedang dirawat sebanyak 6 orang.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, meminta warga agar jangan khawatir dan takut dengan hadirnya varian baru virus korona tersebut. Ia juga minta untuk tetap memperketat protokol kesehatan dan mentaati imbauan serta peraturan pemerintah daerah di masa pandemi.

“Ini semua kita lakukan untuk bersama-sama mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tetap jaga kesehatan, jangan lengah, dan tetap waspada supaya tidak tertular,” ujar Rustan.