Pemprov Papua Akan Membangun Patung Gubernur di Stadion Lukas Enembe
beritapapua.id - Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Foto: Antara)

Patung Gubernur, Lukas Enembe akan dibangun di Stadion Lukas Enembe oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Pembangunan patung Gubernur ini akan melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa mengatakan Pembangunan Patung Gubernur akan memberikan penghormatan kepada Gubernur Lukas Enembe sebagai ‘Bapak Pembangunan Olahraga Papua’.

Kapisa mengatakan pihaknya sementara ini sedang mendesain patung Gubernur Lukas Enembe di Yogyakarta.

“Bapak gubernur sudah setuju dan dalam waktu dekat kami akan pasang gubernur,” katanya di Jayapura, Minggu (25/4/2022).

Menurut Kapisa, Gubernur Enembe merupakan sosok yang telah membangkitkan olahraga di Bumi Cenderawasih. Hal ini terbukti dengan berhasil membuat Papua menjadi tuan rumah di PON XX 2021 kemarin.

“Jadi ini sebagai bentuk penghormatan kepada bapak Gubernur kami,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain patung gubernur pihaknya juga bakal mendirikan patung pahlawan olahraga asal provinsi paling timur Indonesia ini yang sudah mengharumkan nama Papua di tingkat nasional maupun level internasional.

“Nanti ada kategorinya tapi kami sebar kuisioner kepada masyarakat untuk nama-nama yang layak kemudian kami akan buatkan patung,” katanya lagi.

Tujuan Dari Pembangunan Patung Olahraga

Dia menambahkan mendirikan patung olahraga di Stadion Lukas Enembe bertujuan untuk memberikan motivasi bagi generasi emas Papua menjadi atlet yang profesional. Selain itu tujuan adanya pembangunan patung tersebut juga untuk menjadi objek wisata di wilayah tersebut.

Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua telah menyiapkan desain modern untuk menjadikan kawasan olahraga eks venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX sebagai kawasan komersil untuk mendatangkan PAD.

Baca Juga: Bupati Hermus Indou Serahkan SK Plt Kepala Puskesmas dan Kembali Membuka Puskesmas

Ini juga merupakan upaya dari Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua dalam strategi pemanfaatan venue, pasca-PON XX dan Peparnas XVI.

Sebelumnya, pada 2017 Pemrov Papua berencana membangun Patung Yesus setinggi 43 meter di Kawasan Tanjung Swaja, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Pembangunan patung perunggu yang dipesan dari Yogyakarta direncanakan akan selesai sebelum PON XX 2020, akhirnya terhenti pada 2018.

Patung Yesus saat ini terdapat di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Toraja, Sulawesi Selatan dan Manado, Sulawesi Utara.