Pemprov Papua Menjamin Keseterdiaan Bahan Pokok Selama Bulan Ramadhan Hingga Idul Fitri
beritapapua.id - Pemprov Papua bersama TPID menggelar jumpa pers ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan hingga Idul Fitri. (Foto: Papuainside)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menjamin ketersediaan bahan pokok selama bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Asisten Bidang Pembangunan dan Kesra Sekda Provinsi Papua Muhammad Musa’ad menggungkapkan bahwa memang ketersedian bahan pokok sejauh ini aman.

Hal ini ia ungkapkan saat menggelar jumpa pers bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua, di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jayapura, Selasa (12/4/2022).

Musa’ad menjelaskan, walaupun ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga. Namun kenaikan harga tersebut masih dengan harga yang cukup layak dan masih terjangkau oleh masyarakat.

“Kami semua bertugas, untuk menjaga kestabilan stok dan juga kestabilan harga,” ujarnya.
Sementara untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina juga sudah menjamin ketersediaan hingga selesai Idul Fitri. Meski sebelumnya sempat mengalami kelangkaan, khususnya untuk jenis solar.

Berbelanja Secara Wajar

Oleh karena itu, pihaknya minta kepada semua masyarakat menggunakan haknya, untuk berbelanja secara wajar dan tak usah ada panic by. Karena memang semua bahan pokok dan BBM saat ini sudah aman, terkendali dan tersedia.

“Kita harapkan juga inflasi kita juga tetap terkendali, sehingga kita tetap menjadi yang terbaik di wilayah Sulampua,” katanya.

Musa’ad menghimbau kepada masyarakat, untuk mengggunakan transaksi non tunai, apalagi di saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bupati Jayawijaya Ingkatkan Kepala Kampung Bijak Dalam Menggunakan Dana Kampung

“Jadi kita kurangi bersentuhan antara sesama kita dan mudah-mudahan dengan fasilitas yang ada ini hampir disemua tempat dari Bank Indonesia dan perbankan sudah siapkan fasilitas non tunai,” tukasnya.

Musa’ad juga menghimbau kepada masyarakat nanti sewaktu-waktu kita akan melakukan sidak ke pasar-pasar dan gudang penyimpanan, untuk memastikan semua kebutuhan aman.

Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua Omah Laduani Ladamay, Kepala Bidang Pangan Dinas Ketahanan Pangan Papua Luna V Daimboa, Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Papua Juli Budi Winantya, Manajer Operasional Pelayanan Publik Bulog Papua dan Papua Barat Muhammad Yusri Muin, Sekretaris Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Provinsi Papua Haris Manuputy.