Pemprov Papua Serahkan Bantuan 1,2 Ton Sembako Kepada Korban Bencana Alam di Lanny Jaya
beritapapua.id - Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun saat menyerahkan bantuan kepada Penjabat Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerkwa di halaman Kantor Bupati Lanny Jaya. (Dok. Humas Pemprov Papua)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyerahan bantuan 1,2 ton sembako bagi korban bencana alam embun beku di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya.

Sekda Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menyerahkan secara simbolis bantuan 1,2 ton sembako kepada Penjabat Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa di Halaman Kantor Bupati Lanny Jaya di Tiom, Sabtu (6/8/2022).

Turut hadir Asisten Sekda Papua Bidang Pemerintahan, Doren Wakerkwa dan Kepala Bappeda Papua Johanis Walilo.

Kata Rumasukun, sebelumnya Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan kepada Pemprov Papua untuk hadir di tempat kejadian bencana embun beku di Kuyawage.

Sekda mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Pemkab Lanny Jaya, untuk melihat dari dekat secara langsung agar dapat menyalurkan bantuan secara tepat. Untuk bantuan sendiri berupa sembako yang terdiri dari beras, mie instan, minyak goreng, gula pasir, kopi serta garam.

Menurut Sekda, bantuan sembako 1,2 ton dari Gubernur Papua tersebut seluruhnya dipastikan telah tiba di Lanny Jaya, yang nantinya segera diteruskan ke warga terdampak bencana alam di Kuyawage, Senin (8/8/2022).

Selain menyerahkan sembako, Pemprov Papua menyerahkan uang tunai Rp 200 juta untuk penanganan bencana embun beku.

Mengirim Tenaga Medis

Pemprov Papua juga telah mengirim tenaga medis melalui Dinas Kesehatan setempat, berikut makanan siap saji. Selain itu, ia juga mengatakan Pemprov Papua akan terus memberikan bantuan untuk semua orang yang membutuhkan.

“Pemprov akan terus membangun koordinasi dengan bupati Lanny Jaya dan jajaran. Bahkan apa saja yang dibutuhkan kita siap support, karena kejadian kemanusiaan ini adalah tugas kita semua,” tandas Sekda.

Penjabat Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa, sangat mengapresiasi perhatian dan bantuan yang datang Pemprov Papua.

Baca Juga: Pemkot Jayapura Menggelar Pesta Seni dan Budaya Port Numbay Untuk Lestarikan Bahasa Lokal

Ia pun menegaskan bahwa penyerahan bantuan itu menjadi bukti besarnya perhatian Pemprov Papua terhadap masalah kemanusiaan di Kuyawage.

“Intinya bantuan kepada warga terdampak bencana ini berlangsung terus dari pemkab Lanny Jaya, Pemprov Papua bahkan dari Kemensos. Artinya ini mengklarifikasi isu dari kelompok yang menyebut pemda tidak peduli. Itu tidak benar dan buktinya sekarang pemprov Papua hadir memberi bantuan. Setelahnya akan langsung kami salurkan,” ujarnya.

Selain itu, Kementerian Sosial juga ikut memberikan bantuan melalui Pemkab Lanny Jaya bantuan yakni bantuan 2,8 ton beras, makanan siap saji 2.000 paket dan pakaian dewasa 500 paket.

Ahli Muda Direktorat Bencana Sosial dan Alam, Kemensos, Hosea kepada wartawan memastikan bantuan akan langsung disalurkan ke titik terdampak, paling lambat pada Senin pekan depan.

“Kami lihat distribusi (bantuan bagi warga terdampak bencana embun beku) lancar serta cukup. Selain dari provinsi dan kabupaten setempat perhatian dari pusat sangat besar untuk bencana alam Kuyawage,” pungkasnya.